AKTIVITAS PUBLIC RELATIONS UNTUK MENINGKATKAN DAYA TARIK WISATA DAN PENDIDIKAN DI MUSEUM H. M. SOEHARTO

Siti Arfianti Khatijah, SAK (2017) AKTIVITAS PUBLIC RELATIONS UNTUK MENINGKATKAN DAYA TARIK WISATA DAN PENDIDIKAN DI MUSEUM H. M. SOEHARTO. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
38.SKRIPSI_SITI ARFIANTI KHATIJAH_12402244010.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas Public Relations untuk meningkatkan daya tarik wisata dan pendidikan di Museum H. M. Soeharto. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan penelitian terdiri dari informan kunci yaitu Sekertariat dan Humas Museum H. M. Soeharto dan informan pendukung yaitu Wakil Pengelola Museum dan Edukator Museum H. M. Soeharto. Teknik pengumpulan data yang diperoleh dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan melalui beberapa tahap dengan langkah-langkah adalah pengumpulan data (data collection), reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing). Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: (1) Pencarian fakta/masalah (fact finding) melalui komunikasi publik secara langsung maupun tidak langsung. Komunikasi secara langsung melalui interaksi langsung dengan pengunjung saat berada di Museum. Komunikasi secara tidak langsung dengan menggunakan media sosialisasi antara lain: website, facebook, dan leaftlet. Hambatan yang dialami dalam upaya menjalin komunikasi dengan publiknya adalah hambatan pada komunikasi tidak langsung melalui media website, dan facebook, karena tidak bisa selalu update informasi mengenai Museum. (2) Perencanaan (planning) yaitu: menentukan sasaran antara lain: instansi pendidikan, dan masyarakat umum, kemudian menentukan media sosialisasi yang digunakan antara lain: website, facebook, dan leaftlet, tahap selanjutnya menjalin kerjasama dengan dunia pendidikan, biro perjalanan, serta komunitas-komunitas, dan yang terakhir merencanakan sosialisasi. (3) Pelaksanaan aktivitas public relations di Museum yaitu melaksanakan apa yang sudah direncanakan pada tahap perencanaan melalui kegiatan-kegiatan yang diadakan Museum. Kegiatan yang diadakan oleh Museum antara lain: perayaan hari ulang tahun Museum, bedah buku apabila ada buku baru mengenai Pak Harto, mengikuti pameran dan seminar yang diadakan BARAMUS dan Dinas Kebudayaan. (4) Evaluasi (evaluating) antara lain: evaluasi kegiatan yaitu evaluasi setelah kegiatan berakhir, evaluasi bulanan yaitu evaluasi kegiatan yang dilakukan dalan satu bulan dan evaluasi kinerja pegawai dan pelayanan Museum, dan evaluasi selanjutnya melalui buku kritik dan saran dari pengunjung Museum.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: aktivitas, public relations
Subjects: Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Administrasi
Depositing User: Administrasi Perkantoran
Date Deposited: 12 Mar 2018 03:34
Last Modified: 30 Jan 2019 16:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56062

Actions (login required)

View Item View Item