PENGARUH KEAKTIFAN MAHASISWA DALAM MENGIKUTI ORGANISASI HIMPUNAN MAHASISWA PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN (HIMA ADP) DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN FAKULTAS EKONOMI UNY

Ahmad Sulaeman, AS (2017) PENGARUH KEAKTIFAN MAHASISWA DALAM MENGIKUTI ORGANISASI HIMPUNAN MAHASISWA PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN (HIMA ADP) DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN FAKULTAS EKONOMI UNY. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
36.SKRIPSI_AHMAD SULAEMAN_12402241005.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) besarnya pengaruh keaktifan mahasiswa dalam mengikuti organisasi terhadap prestasi belajar mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran; (2) besarnya pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa program studi Pendidikan Administrasi Perkantoran; (3) besarnya pengaruh keaktifan mahasiswa dalam mengikuti organisasi dan disiplin belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar mahasiswa program studi Pendidikan Administrasi Perkantoran. Penelitian ini merupakan penelitian expost facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pengurus Himpunan Mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran sebanyak 36 mahasiswa dengan menggunakan penyebaran kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah (1) analisis deskriptif; (2) uji prasyarat analisis meliputi uji linieritas dan uji multikolinieritas; (3) uji hipotesis meliputi analisis regresi sederhana untuk hipotesis pertama dan kedua serta analisis regresi ganda untuk hipotesis ketiga. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pengaruh keaktifan mahasiswa dalam mengikuti organisasi terhadap prestasi belajar sebesar 23,0%, terdapat pengaruh positif dengan nilai rx1y sebesar 0,480, terbukti signifikan dengan nilai Sig. sebesar 0,003 < 0,05 dan keaktifan mahasiswa dalam mengikuti organisasi berada dalam kategori rendah sebesar 36,11%; (2) pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar sebesar 17,2%, terdapat pengaruh positif dengan nilai rx2y sebesar 0,415 terbukti signifikan dengan nilai Sig. sebesar 0,012 < 0,05 dan disiplin belajar berada dalam kategori rendah sebesar 36,11%; (3) pengaruh keaktifan mahasiswa dalam mengikuti orgnanisasi dan disiplin belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar sebesar 23,1%, terdapat pengaruh positif dengan nilai Ry (1,2) sebesar 0,480, terbukti signifikan dengan nilai Sig. sebesar 0,013 < 0,05 dan prestasi belajar berada dalam kategori sangat memuaskan sebesar 56,56%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keaktifan mahasiswa dalam mengikuti organisasi, disiplin belajar, prestasi belajar
Subjects: Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Administrasi
Depositing User: Administrasi Perkantoran
Date Deposited: 12 Mar 2018 03:36
Last Modified: 30 Jan 2019 16:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56060

Actions (login required)

View Item View Item