LAPORAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Rini Winarti, Rini Winarti (2017) LAPORAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan PLT Rini Winarti Pendidikan Biologi FMIPA UNY.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta merupakan instansi yang mencetak calon-calon tenaga kependidikan profesional, sehingga diharapkan output yang dihasilkan mempunyai keung-gulan baik dari segi pedagogis, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi professional. Oleh karena itu mahasiswa Jurusan Kependidikan wajib menempuh Praktik Lapangan Terbimbing (PLT). Program PLT ditujukan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran di sekolah atau lembaga dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan, memberikan kesempatan kepada ma-hasiswa untuk mengenal, mempelajari dan menghayati permasalahan sekolah atau lembaga yang terkait dengan proses pembelajaran, meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan ketrampilan yang telah dikuasai secara interdisipliner ke dalam pembelajaran di sekolah, klub, atau lembaga pendidikan. Dari pengalaman tersebut diharapkan mampu menghasilkan tenaga kependidikan yang profesional. Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) dilaksanakan di SMA Negeri 1 Yogyakarta yang beralamat di Jl. HOS Cokroaminoto No.10, Pakuncen, Wirobrajan, Yogyakarta dilaksanakan selama 4 bulan. Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) dilaksanakan tanggal 7 Agustus 2017 sampai dengan 23 November 2107. Selama program dilaksanakan mahasiswa mengampu 5 kelas yaitu : X MIA 4, X MIA 6 (OSN), X MIA 9 (Riset), XI MIA 6 (OSN), dan XI MIA 9 (Riset). Kelas X MIA 4 berjumlah 34, X MIA 6 berjumlah 29, X MIA 9 berjumlah 30, XI MIA 6 berjumlah 31 dan X MIA 9 berjumlah 29 peserta didik. Mahasiswa mengampu satu bab pada kelas X dan satu bab pada kelas XI yang ditempuh sebanyak 3 kali tatap muka dan 1 kali remidial pada kelas X serta 5 kali tatap muka dan 1 kali remidial pada kelas XI. Selama proses PLT dilaksanakan mahasiswa mendapatkan pengalaman penyusunan perangkat pembelajaran sesuai Kurikulum 2013, persiapan media pembelajaran, persiapan bahan ajar, serta berbagai metode mengajar yang efektif di dalam kelas. Pelaksanaan PLT secara nyata melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman tentang proses belajar mengajar sesungguhnya, melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan, mempelajari dan menghayati permasalahan sekolah serta meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan ketrampilan yang telah dikuasai secara interdisipliner ke dalam pembelajaran di sekolah. Serangkaian kegiatan PLT UNY 2017 di SMA Negeri 1 Yogyakarta memberikan kontribusi positif terhadap kemajuan pribadi mahasiswa maupun lembaga sekolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Laporan, PLT 2017, SMA Negeri 1 Yogyakarta
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 08 Mar 2018 02:23
Last Modified: 01 Oct 2019 11:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56059

Actions (login required)

View Item View Item