LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

M Aziz Fikri, M Aziz Fikri (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan PLT M Aziz Fikri_14503244008_PT Mesin.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan istilah kependidikan yang bersifat intrakurikuler dan dilaksanakan oleh mahasiswa yang menyangkut tugas kependidikan, baik berupa persiapan administrasi mengajar, praktik mengajar dan evaluasi pembelajaran. Tujuan utama dari kegiatan PLT adalah untuk melatih mahasiswa dalam menerapkan kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki dalam suatu proses pembelajaran sesuai dengan bidang studinya, sehingga mahasiswa memiliki pengalaman yang faktual dan dapat dipakai sebagai bekal untuk mengembangkan potensinya. Sebelum melakukan PLT terlebih dahulu dilaksanakan observasi sekolah. Observasi ini dilakukan guna mengetahui kondisi dan situasi kelas pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung, mengetahui karakter siswa dan proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Kegiatan PLT dilaksanakan dari tanggal 15 September dan berakhir tanggal 15 November 2017 yang bertempat di SMK Negeri 1 Seyegan, Sleman. Alamat sekolah terletak di Jalan Kebonagung Km 8 Jamblangan, Margomulyo, Seyegan, Sleman. Kegiatan yang dilakukan selama PLT antara lain: persiapan administrasi mengajar, menyusun dan mengembangkan alat pembelajaran dan evaluasi. Adapun administrasi mengajar yang dibuat diantaranya RPP dan silabus. Mata Diklat yang diampu oleh praktikan, adalah Teknik Konstruksi Fabrikasi Logam. Mata pelajaran TKFL materi yang diajarkan meliputi teori dan praktik.praktikan mengajar dua kelas yaitu kelas XII TFL 1 dan XII TFL 2 per minggu, yaitu pada hari senin kelas XII TFL 2 dan hari kamis XII TFL 1. Frekuensi tatap muka satu kali dalam satu minggu, dimana alokasi waktunya 8 jam pelajaran. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PLT ini adalah pengalaman nyata dalam mengajar, pengalaman dalam menghadapi peserta didik yang mempunyai karakter yang berbeda-beda, belajar untuk membuat persiapan mengajar, belajar mengatasi hambatan-hambatan yang muncul selama proses pembelajaran, dan belajar menjadi seorang guru yang profesional yang mampu menjawab tantangan dunia pendidikan di masa yang akan datang.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, Teknik Konstruksi Fabrikasi Logam, SMK Negeri 1 Seyegan
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 08 Mar 2018 01:59
Last Modified: 01 Oct 2019 11:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56053

Actions (login required)

View Item View Item