PENGARUH PENERAPAN METODE INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF KELAS V DI SD NEGERI JETIS BANTUL

Ayu Puspintari, 13105241041 (2017) PENGARUH PENERAPAN METODE INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF KELAS V DI SD NEGERI JETIS BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Ayu Puspintari_13105241041.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) terhadap keterampilan sosial peserta didik pada pembelajaran tematik integratif kelas V SD Negeri Jetis Bantul. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan desain penelitian quasi experimental yang menggunakan model nonequivalent control group design. Penelitian ini melibatkan peserta didik kelas V SD Negeri Jetis Bantul pada semester 1 (ganjil) tahun pelajaran 2017/2018 sebanyak 60 anak sebagai subjek penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan observasi. Instrumen yang digunakan berupa preexperiment questioner, post-experiment questioner, dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data statistik. Pengaruh penerapan metode inkuiri terbimbing dilihat melalui hasil perolehan nilai probabilitas dari uji-t (Independent Sample T-Test) dan pengujian hipotesis. Jika nilai probabilitas <0,05 maka hipotesis dapat diterima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam penerapan metode inkuiri terbimbing. Pengaruh terlihat dari peningkatan nilai rata-rata keterampilan sosial peserta didik yang menerapkan metode inkuiri terbimbing sebesar 64,6 dan yang menerapkan metode ceramah bervariasi sebesar 57,3. Selain itu perbedaan pengaruh juga ditunjukkan oleh hasil uji independent sample t-test (uji-t) sebelum adanya treatment diperoleh probabilitas 0,641 dan setelah diberikan treatment diperoleh probabilitas sebesar 0,003 yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan dalam penerapan metode inkuiri terbimbing terhadap keterampilan sosial peserta didik kelas V SD Negeri Jetis Bantul.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 08 Mar 2018 01:43
Last Modified: 30 Jan 2019 16:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56014

Actions (login required)

View Item View Item