EVALUASI MEDIA PEMBELAJARAN ELLIS SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS PESERTA DIDIK KELAS 2 SMP BOPKRI 3 YOGYAKARTA

Ardina Friesty Rohmat Fathoni, 12105241035 (2017) EVALUASI MEDIA PEMBELAJARAN ELLIS SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS PESERTA DIDIK KELAS 2 SMP BOPKRI 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Ardina Friesty Rohmat Fathoni_12105241035.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas media Ellis sebagai sumber belajar pada pembelajaran Bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan evaluasi formatif. Objek dalam penelitian ini adalah media pembelajaran Ellis yang terdapat di SMP Bopkri 3 Yogyakarta dan untuk subjek penelitian adalah peserta didik kelas 2 atau 8 SMP Bopkri 3 Yogyakarta. Tahapan evaluasi media pembelajaran ini dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut: klarifikasi tujuan dari produk, mendefinisikan tujuan evaluasi, termasuk klarifikasi tipe evaluasi, penentuan pertanyaan evaluasi, perencanaan evaluasi, menentukan kriteria, indikator, dan sumber data, pengembangan instrumen, mengajuakan proposal evaluasi, revisi proposal evaluasi, menjadwalkan pertemuan evaluasi, melakukan evaluasi, melaporkan hasil. Pada evaluasi dilakukan dua tahap evaluasi formatif, yaitu : pertama, review oleh ahli di luar tim pendesain instruksional dan kedua, uji coba lapangan. Metode pengumpulan data adalah angket. Sedangkan teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan media pembelajaran Ellis sebagai sumber belajar pada pembelajaran Bahasa Inggris ini layak untuk digunakan. Kualitas media dibuktikan dengan hasil review ahli media (80,43%) tergolong kategori “Sangat Baik” dan review ahli materi (80,43%) tergolong kategori “Sangat Baik”. Penilaian kualitas media pembelajaran juga diperkuat hasil uii coba lapangan dengan melibatkan 27 siswa. Hasil uji coba lapangan (80,39%) dan tergolong kategori “Sangat Baik”. Hasil keseluruhan penilaian kualitas media pembelajaran Ellis ini layak digunakan sebagai sumber belajar pada pembelajaran Bahasa Inggris.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 08 Mar 2018 01:43
Last Modified: 30 Jan 2019 16:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56013

Actions (login required)

View Item View Item