PROFIL SISWA YANG MEMILIKI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KECAMATAN PLERET, KABUPATEN BANTUL, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Cendrayani Oni Dahana, 13105244018 (2017) PROFIL SISWA YANG MEMILIKI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KECAMATAN PLERET, KABUPATEN BANTUL, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Cendrayani Oni Dahana_13105244018.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendapatkan profil siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis Sekolah Menengah Pertama di Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul dan (2) mendapatkan aspek apa saja yang mempengaruhi siswa dalam berpikir kritis Sekolah Menengah Pertama di Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan subjek penelitian meliputi wali kelas IX dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu pedoman observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta pengambilan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik Hasil penelitian menunjukkan bahwa profil siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis yaitu, (1) mampu menganalisis suatu masalah atau argumen orang lain, (2) mampu berkomunikasi dengan baik, (3) mampu mencari tahu kebenaran dengan meneliti informasi yang datang, (4) mampu menerima pendapat dari orang lain, (5) mampu memecahkan masalah dan memberikan solusi, (6) memiliki keingintahuan yang tinggi, (7) tidak mudah percaya pada informasi yang baru datang, (8) senang bertanya dan bisa menjawab pertanyaan, (9) mampu membayangkan kemungkinan jawaban atas pertanyaan yang diberikan, dan (10) mampu menyampaikan pendapat dengan baik. Dan aspek yang mempengaruhi siswa dalam berpikir kritis di Sekolah Menengah Pertama di Kecamatan Pleret yaitu, (1) motivasi diri, (2) pengembangan intelektual diri, (3) rasa cemas pada diri, (4) interaksi dengan orang lain, (5) lingkungan pertemanan dan (6) kebiasaan sehari-hari.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 08 Mar 2018 01:44
Last Modified: 30 Jan 2019 16:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56011

Actions (login required)

View Item View Item