PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PARTISIPATORIK PADA KELAS INKLUSI DI SD NEGERI 1 TRIRENGGO BANTUL

Ryas Cahya Annisa, 13105241050 (2017) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PARTISIPATORIK PADA KELAS INKLUSI DI SD NEGERI 1 TRIRENGGO BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Ryas Cahya Annisa_13105241050.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran partisipatorik pada kelas inklusi di SD Negeri 1 Trirenggo Bantul meliputi, perencanaan, pelaksanaan serta kendala dalam pembelajaran partisipatorik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, subjek penelitian meliputi kepala sekolah, dua orang guru kelas, seorang guru mata pelajaran, guru pendamping khusus, 17 siswa kelas II dan 24 kelas V. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data dengan triangulasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles, Huberman dan Saldana (2014). Hasil penelitian menunjukkan 1) perencanaan berupa perekrutan siswa dan need assessment siswa berkebutuhan khusus, penyusunan RPP inklusi, 2) pelaksanaan, penggunaan metode bervariasi yaitu ceramah, tanya jawab, diskusi, permainan dan penugasan. Partisipasi siswa berupa kebebasan memilih teknik pembagian kelompok, berpendapat dan bertanya saat pengulasan, penyampaian materi dan menemukan kesulitan, menciptakan suasana kondusif, menjadi partner guru membantu siswa berkebutuhan khusus belajar. Penggunaan media berupa buku paket, LKS, gambar, film, buku cerita serta media buatan guru. Partisipasi siswa meliputi, antusias siswa, menciptakan suasana kondusif, aktif bermain dan belajar dengan media. Evaluasi, aspek evaluasi meliputi perubahan tingkah laku siswa dan partisipasinya pada pembelajaran. Standar penilaian berbeda-beda disesuaikan dengan karakteristik dan kemampuan siswa. Metode, media dan evaluasi yang sama digunakan untuk semua siswa selama memungkinkan. Kendala, sulitnya melibatkan siswa dalam penyusunan RPP, kurangnya pengetahuan guru, sarana prasarana kurang memadai, belum ada program pelatihan potensi siswa berkebutuhan khusus, kurangnya waktu dan jumlah guru pendamping khusus, serta belum adanya rapat koordinasi secara rutin.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 08 Mar 2018 01:44
Last Modified: 30 Jan 2019 16:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56009

Actions (login required)

View Item View Item