PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF PUZZLE ALAT TRANSPORTASI UNTUK PENGENALAN ANGKA DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL GENJAHAN II PONJONG GUNUNGKIDUL

Ines Setiowati, 13105241005 (2017) PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF PUZZLE ALAT TRANSPORTASI UNTUK PENGENALAN ANGKA DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL GENJAHAN II PONJONG GUNUNGKIDUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Ines Setiowati_13105241005.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan produk alat permainan edukatif berupa puzzle alat transportasi untuk mengenalkan angka pada TK ABA Genjahan II Ponjong, Gunungkidul. Penelitian pengembangan ini mengadopsi model pengembangan Borg & Gall, yang dikolaborasikan dengan model pengembangan materi ADDIE. Penelitian ini dilakukan dengan langkah (a) penelitian dan pengumpulan informasi, (b) perencanaan, (c) pengembangan produk awal yang dikolaborasikan dengan tahap pengembangan materi dari ADDIE, (d) uji coba lapangan awal, (e) revisi produk utama, (f) uji coba lapangan utama, (g) revisi produk operasional, (h) uji coba lapangan operasional, (g) revisi produk akhir. Uji coba produk dilakukan oleh dosen sebagai ahli materi dan ahli media kemudian oleh siswa TK ABA A sebagai sasaran produk. Uji coba produk kepada siswa dilakukan melalui 3 tahap, yaitu uji coba lapangan awal kepada 3 siswa, uji coba lapangan utama kepada 10 siswa, dan uji coba lapangan operasional kepada 16 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah wawancara dan kuesioner. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah teknik kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil validasi ahli materi sebesar 4,46 (kategori layak) dan pada ahli media sebesar 4,86 (kategori layak). Selanjutnya pada uji coba lapangan awal diperoleh skor hasil penilaian sebesar 0,8 (kategori layak), pada uji coba lapangan utama diperoleh skor 0,8 (kategori layak) dan pada uji coba lapangan operasional diperoleh skor 0,92 (kategori layak).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 08 Mar 2018 01:41
Last Modified: 30 Jan 2019 16:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56003

Actions (login required)

View Item View Item