PENGARUH ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE) “MAZE OF BUSY CITY” TERHADAP PEMAHAMAN TEMA PEKERJAAN PADA ANAK KELOMPOK A TK ABA II WONOSARI GUNUNGKIDUL

Nungky Rizka Nugraheni, 13105241038 (2017) PENGARUH ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE) “MAZE OF BUSY CITY” TERHADAP PEMAHAMAN TEMA PEKERJAAN PADA ANAK KELOMPOK A TK ABA II WONOSARI GUNUNGKIDUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Nungky Rizka Nugraheni_13105241038.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Alat Permainan Edukatif (APE) yang berbentuk Maze of Busy City terhadap pemahaman anak pada tema pekerjaan di kelompok A TK ABA II Wonosari, Kabupaten Gunungkidul. Penelitian ini termasuk jenis penelitian true eksperimental design dengan pendekatan pre-test dan post-test control group yang melibatkan subjek penelitian anak kelompok A di TK ABA II, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunungkidul pada semester 2 (genap) tahun pelajaran 2016 / 2017 sebanyak 20 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Instrumen yang digunakan berupa pre-eksperimen test, post-eksperimen test dan lembar observasi. Sebelum digunakan instrumen terlebih dahulu divalidasi secara konstruk oleh dosen ahli dan divalidasi secara empirik dengan melakukan uji coba kepada anak kelompok A di luar populasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data statistik. Pengaruh Pemanfaatan APE berbentuk Maze of Busy City ini dapat dilihat melalui hasil perolehan nilai probabilitas dari uji-t (Independent t-test) dan pengujian hipotesis. Jika nilai probabilitas <0,05 maka hipotesis dapat diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan dalam pemanfaatan Maze of Busy City. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam pemanfaatan APE Maze of Busy City. Pengaruh pemanfaatan telihat dari peningkatkan nilai rata-rata pemahaman anak yang memanfaatkan maze sebesar 83 dan yang memanfaatkan media gambar sebesar 75. Selain itu perbedaan pengaruh pemanfaatan juga ditunjukkan dari hasil uji independent sample t-test (uji-t) sebelum adanya perlakuan diperoleh probabilitas 0,793 selanjutnya setelah diberikan perlakuan dengan Maze of Busy City diperoleh probabilitas sebesar 0,040 yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan dalam pemanfaatan APE berbentuk Maze of Busy City terhadap pemahaman anak kelompok A TK ABA II Wonosari.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 08 Mar 2018 01:41
Last Modified: 30 Jan 2019 16:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56002

Actions (login required)

View Item View Item