PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATA PELAJARAN IPA “SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA” UNTUK SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH KARANGKAJEN YOGYAKARTA

Meylani Astino Perdana, 13105241020 (2017) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATA PELAJARAN IPA “SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA” UNTUK SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH KARANGKAJEN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
MEYLANI ASTINO PERDANA_13105241020.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media berupa multimedia pembelajaran interaktif IPA yang layak bagi siswa kelas V di SD Muhammadiyah Karangkajen Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan (R&D) menurut Borg & Gall yang dikolaborasikan dengan model Hannafin & Peck. Validasi produk dilakukan oleh dosen sebagai ahli materi dan dosen ahli media. Subjek uji coba penelitian ini adalah siswa kelas V SD Muhammadiyah Karangkajen Yogyakarta, dengan tiga tahap pelaksanaan yaitu uji coba awal melibatkan 5 subjek, uji coba lapangan utama melibatkan 10 subjek, dan uji coba lapangan operasional melibatkan 20 subjek. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah panduan observasi, pedoman wawancara, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif IPA materi sistem peredaran darah manusia untuk siswa kelas V SD dinyatakan layak. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil penilaian ahli materi yang termasuk dalam kriteria layak (3,85) dan hasil penilaian ahli media termasuk kriteria layak (3,51). Selanjutnya hasil uji coba lapangan awal termasuk kriteria layak (0,98), hasil uji coba lapangan utama termasuk kriteria layak (1), dan hasil uji coba lapangan operasional termasuk kriteria layak (1).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 08 Mar 2018 01:42
Last Modified: 30 Jan 2019 16:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56000

Actions (login required)

View Item View Item