PENGEMBANGAN APE KOTAK BELAJAR ANAK (KOBAK) UNTUK ANAK KELOMPOK A DI TAMAN KANAK-KANAK MASYITHOH BUDI LESTARI KEPEK TIMBULHARJO SEWON BANTUL YOGYAKARTA

Olivia Putri Tika Arini, 13105244017 (2017) PENGEMBANGAN APE KOTAK BELAJAR ANAK (KOBAK) UNTUK ANAK KELOMPOK A DI TAMAN KANAK-KANAK MASYITHOH BUDI LESTARI KEPEK TIMBULHARJO SEWON BANTUL YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Olivia_Putri_Tika_Arini_13105244017.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media Kotak Belajar Anak (KOBAK) yang layak untuk pembelajaran anak didik Kelompok A Taman Kanak-kanak Masyithoh Budi Lestari Kepek Timbulharjo Sewon Bantul. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan (R&D) menurut Borg dan Gall. Langkah yang ditempuh meliputi penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan draft produk, uji coba lapangan awal, merevisi hasil uji coba lapangan awal, uji coba lapangan utama, uji coba pelaksanaan operasional, penyempurnaan produk akhir. Produk diujicobakan kepada anak didik melalui tiga tahap uji validasi yaitu uji coba lapangan awal kepada 2 anak, uji coba lapangan utama kepada 5 anak dan uji coba pelaksanaan operasional kepada 15 anak. Kelayakan produk didasarkan pada hasil penilaian ahli materi, ahli media dan anak didik Kelompok A TK sebagai subjek uji coba. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi produksi. Analisis data berupa deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Kotak Belajar Anak (KOBAK) yang telah dikembangkan melalui serangkaian uji coba serta validasi ahli dinyatakan layak untuk digunakan dalam pembelajaran anak kelompok A di TK Masyithoh Budi Lestari Kepek Timbulharjo Sewon Bantul. Hal ini didukung oleh penilaian ahli materi dengan rata-rata skor 4,28 termasuk dalam kriteria sangat baik, penilaian ahli media dengan rata-rata skor 3,82 termasuk kriteria baik, uji coba lapangan awal mendapatkan presentase skor 90,90% termasuk dalam kriteria baik, uji coba lapangan utama mendapatkan presentase 92,72% termasuk dalam kriteria baik dan uji coba lapangan operasional mendapatkan presentase skor 96,36% termasuk dalam kriteria baik. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa media Kotak Belajar Siswa untuk pembelajaran anak didik Kelompok A TK Masyithoh Budi Lestari Kepek Timbulharjo Sewon Bantul layak digunakan untuk pembelajaran anak.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 08 Mar 2018 01:42
Last Modified: 30 Jan 2019 16:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55999

Actions (login required)

View Item View Item