LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING

Irma Agustining Tias, Irma Agustining Tias (2017) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
14205241044 - Irma Agustining T.pdf

Download (39MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) Universitas Negeri Yogyakarta adalah salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh untuk mahasiswa prodi kependidikan. Mata kuliah ini memiliki tujuan untuk memberikan pengalaman bagi mahasiswa tentang dunia pendidikan secara nyata sehingga diharapkan mahasiswa dapat menjadi tenaga pendidik yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan ketrampilan yang mumpuni di bidangnya. Praktik Lapangan Terbimbing dilakukan di SMP Negeri 1 Salam mulai dari tanggal 15 September hingga 15 November 2017. Kegiatan yang dilakukan meliputi (1) observasi, (2) praktik mengajar terbimbing, dan (3) praktik mengajar mandiri, (4) pembuatan media, (5) pembuatan perangkat pembelajaran, (6) evaluasi belajar. Praktik Lapangan Terbimbing dilaksanakan dengan mengajar di kelas sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan, yaitu 2 jam pelajaran dengan setiap jam pelajaran terddiri dari 40 menit. Pengajaran di kelas diharapkan dapat dilakukan sebanyak 8 kali, namun praktikan dapat melaksanakan pengajaran di kelas dengan total 24 kali yang bertempat di 4 kelas, yaitu VII A, VII D, VIII D, dan VIII E. Metode yang digunakan dalam pembelajaran ini meliputi metode ceramah, demonstrasi, circ, pair checks, picture non picture. Untuk menarik minat digunakan media yang berupa video, gambar, dan ppt. Banyak hambatan pada saat dilaksanakan pengajaran di kelas, di antaranya peserta didik terlalu aktif karena sangat antusias terhadap pelajaran, selain itu juga ada beberapa peserta yang tidak begitu memperhatikan ketika materi diterangkan. Dalam hal ini jelas digambarkan beragam karakter siswa SMP yang pada umumnya masih berproses menuju kedewasaan. Selain mengajar di kelas praktikan juga melaksanakan program kerja lainnya seperti pendampingan ekstrakulikuler pramuka, apel pagi, upacara, penataan laboratorium IPA dan gerakan 5S (senyum, sapa, salam, sopan, dan santun.) Kegiatan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) yang telah dilaksanakan selama 2 bulan menghasilkan pengalaman yang nyata dalam dunia pendidikan. Dengan terselesaikannya kegiatan ini diharapkan dapat menghasilkan tenaga pendidik yang berkulitas dan profesional.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, pengajaran
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 07 Mar 2018 02:21
Last Modified: 01 Oct 2019 11:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55998

Actions (login required)

View Item View Item