PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM POKOK BAHASAN SIFAT-SIFAT TERPUJI DAN BERWUDHU KELAS II SD NEGERI NGRINGIN, DEPOK, SLEMAN

Wisnu Bayu Aji, 13105244003 (2017) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM POKOK BAHASAN SIFAT-SIFAT TERPUJI DAN BERWUDHU KELAS II SD NEGERI NGRINGIN, DEPOK, SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
wisnu bayu aji_13105244003.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk multimedia pembelajaran interaktif yang layak bagi siswa kelas II SD Negeri Ngringin, Depok, Sleman pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pokok bahasan sifat-sifat terpuji dan berwudhu. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang diadaptasi dan dimodifikasi dari sepuluh langkah Borg & Gall. Langkah yang ditempuh peneliti sembilan langkah yaitu: 1) penelitian awal dan pengumpulan informasi, 2) perencanaan pengembangan, 3) pengembangan produk awal, 4) uji coba lapangan awal, 5) revisi hasil uji coba, 6) uji coba lapangan utama, 7) revisi hasil uji coba lapangan utama, 8) uji coba lapangan operasional, dan 9) revisi produk akhir. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket, dan dokumentasi. Kelayakan produk didasarkan pada hasil penilaian ahli materi, ahli media, dan siswa sebagai pengguna. Data hasil angket ahli materi dan ahli media dianalisis dengan konversi skala Empat. Sedangkan data hasil angket siswa dianalisis dengan skala Guttman “ya” atau “tidak”. Hasil penilaian dari ahli materi mendapatkan rerata skor 3,5 dengan kriteria sangat baik. Hasil penilaian dari ahli media mendapatkan rerata skor 3,73 dengan kriteria sangat baik, dan rata-rata penilaian pada uji coba lapangan operasional 0,96 dengan kriteria layak, sehingga secara keseluruhan produk multimedia pembelajaran interaktif mata pelajaran Pendidikan Agama Islam hasil pengembangan dikatakan layak sebagai media pembelajaran Pendidikan Agama Islam pokok bahasan Sifat-sifat terpuji dan Berwudhu.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 08 Mar 2018 01:42
Last Modified: 30 Jan 2019 16:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55995

Actions (login required)

View Item View Item