PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH PADA MANUSIA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI KARANGMLOKO 2

Mochamad Kamil Budiarto, 13105244023 (2016) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH PADA MANUSIA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI KARANGMLOKO 2. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Mochamad Kamil Budiarto_13105244023.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia pembelajaran yang layak digunakan untuk mata pelajaran IPA kelas V Sekolah Dasar dengan materi sistem peredaran darah pada manusia yang ditinjau dari aspek penilaian, seperti aspek tampilan, aspek program, aspek pembelajaran dan aspek isi/materi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan dengan mengadopsi prosedur tahapan pengembangan model ADDIE yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu:(1) Analyze/Analisis, (2) Design/Desain, (3) Development /Pengembangan, (4) Implementation/Implementasi, (5) Evaluation/Evaluasi. Subjek penelitian pada penelitian ini yaitu siswa kelas V SD N Karangmloko 2. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, kuisioner ahli media, ahli materi, respons siswa, dan dokumentasi. Data yang didapatkan dari hasil kuisioner kemudian diolah menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran yang telah divalidasi oleh ahli media pada tahap 1 dengan rerata skor 3,36 dan pada validasi ahli media tahap 2 didapatkan rerata skor 4,02 masing-masing termasuk dalam kriteria baik, pada validasi ahli materi tahap 1 dengan rerata skor 3,70 dan validasi ahli materi tahap 2 mendapatkan rerata skor 4,10 masing-masing termasuk dalam kriteria baik. Pada uji coba lapangan 1 yang melibatkan 8 siswa, mendapatkan hasil penilaian dengan rerata skor 4,14 termasuk dalam kriteria baik, pada uji coba lapangan 2 yang melibatkan 20 siswa, mendapatkan hasil penilaian dengan rerata skor 4,36 termasuk dalam kriteria sangat baik. Hasil penilaian pada penelitian dan pengembangan ini menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan oleh siswa kelas V SD sebagai media pembelajaran untuk materi sistem peredaran darah pada manusia.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 08 Mar 2018 01:42
Last Modified: 30 Jan 2019 16:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55993

Actions (login required)

View Item View Item