Aji Utama, Michael Ivan (2017) LAPORAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
4. 14203241032 MICHAEL IVAN AJI UTAMA.pdf Download (9MB) | Preview |
Abstract
Praktik Pengalaman Lapangan merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa program kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Tujuan dilaksanakannya Praktik Pengalaman Lapangan (PLT) adalah memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran, manajerial, dan teknik mengajar di sekolah dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan, sehingga menjadi tenaga pendidik yang professional. Program PLT ini berusaha memberdayakan masyarakat sekolah secara maksimal sesuai dengan kemampuan. Kegiatan PLT ini dimulai dari tanggal 15 September 2017 sampai dengan 15 November 2017 yang berlokasi di SMAN 1 Muntilan. Kelompok PLT di lokasi ini terdiri dari 2 mahasiswa dari Pendikan Bahasa Jawa, 2 mahasiswa dari Pendidikan Geografi, 2 mahasiswa Pendidikan Seni Musik, 2 mahasiswa Pendidikan Bahasa Jerman, dan 1 mahasiswa PJKR . Tahap kegiatan dimulai dari observasi sekolah, perencanaan program, konsultasi program dengan pihak sekolah dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), serta kegiatan terakhir adalah penetapan program dan pelaksanaan program yang telah disetujui. Disamping itu ada kegiatan lain yang dilaksanakan yaitu praktik persekolahan/mengajar. Kegiatan ini berupa mengajar sesuai dengan bidang studi masing-masing mahasiswa. Secara umum, program-program yang telah direncanakan dapat berjalan dengan baik dan lancar. Praktikan telah berusaha untuk menekan semua hambatan yang terjadi selama melaksanakan program kerja, sehingga program tersebut akhirnya berhasil terlaksana. Muculnya hambatan selama pelaksanaan kegiatan merupakan hal wajar. Selama kegiatan PLT, praktikan melakukan praktik mengajar mandiri dan terbimbing di lima kelas, yaitu kelas X MIPA 5, X MIPA 6, X MIPA 7, XI MIPA 1 serta XI MIPA 2. Pelaksanaan kegiatan PLT dilakukan secara bertahap, yaitu dimulai dari observasi hingga pelaksanaan PLT yang terbagi menjadi beberapa tahap lagi, yaitu persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar dan evaluasi mengajar. Hasil dari pelaksanaan PLT selama kurang lebih dua bulan di SMAN 1 Muntilan ini dapat diperoleh hasilnya oleh mahasiswa berupa penerapan Ilmu Pengetahuan dan Praktik Keguruan, dalam hal ini bidang Pendidikan Bahasa Jerman yang diperoleh selama menimba ilmu dibangku kuliah di Universitas Negeri Yogyakarta. Meskipun demikian, masih ada hambatan dalam pelaksanaan PLT, sehingga pengalaman lain selama PLT inilah yang sangat berharga bagi Mahasiswa PLT.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Laporan, PLT, SMA N 1 Muntilan |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 08 Mar 2018 01:40 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:25 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55979 |
Actions (login required)
View Item |