LAPORAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING

Ervan Nur Hidayat, Ervan Nur Hidayat (2017) LAPORAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
14601241113 ERVAN NUR HIDAYAT.pdf

Download (27MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) Universitas Negeri Yogyakarta merupakan kuliah praktik yang bersifat aplikatif dan terpadu dari seluruh pengalaman belajar mahasiswa prodi kependidikan. PLT ini bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran dan manajerial di sekolah serta melatih dalam lingkup nyata untuk mengembangkan kompetensi pendidikan dalam hal belajar mengajar. Dengan adanya PLT ini diharapkan dapat menjadi bekal bagi mahasiswa untuk mengembangkan diri sebagai tenaga keguruan yang profesional sehingga memiliki sikap, nilai, keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan dalam profesinya. Dalam mengetahui kebutuhan PLT dilakukan observasi dengan metode (1) wawancara, (2) observasi lokasi langsung, dan (3) dokumentasi. Berdasarkan observasi kegiatan yang dilakukan selama melaksanakan PLT yaitu Praktik mengajar terbimbing, Praktik mengajar mandiri, dan pendampingan kegiatan siswa. Semua kegiatan dilaksanakan di SMP Negeri 1 Muntilan dan mendapatkan umpan balik dari siswa maupun guru pembimbing. Program PLT di SMP Negeri 1 Muntilan dilaksanakan pada tanggal 15 September 2017 sampai dengan 15 November 2017. Untuk praktik mengajar, penulis mengampu satu mata pelajaran yaitu Penjasorkes. Mata pelajarn Penjasorkes memiliki waktu 3 jam pada setiap minggunya. Praktik mengajar dilaksanakan di kelas VII A, VII B, VII C, VII D, VII E, VII F, VII G, IX A, IX B dan IX C. Dalam pelaksanaan program PLT ini mahasiswa mendapat banyak pengalaman langsung dan pengetahuan dalam hal kependidikan yang akan dijadikan bekal dan berguna di kemudian hari. Sebelum melaksanakan praktik mengajar, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dibuat sebagai acuan dalam mengajar. Adanya bimbingan dan arahan dari guru pembimbing dan dosen pembimbing serta peran aktif peserta didik selama berlangsungnya kegiatan belajar mengajar (KBM) di dalam kelas memberikan kelancaran terlaksananya program tersebut. Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) ini akhirnya dilaksanakan secara terpadu yang saling mendukung satu sama lain untuk mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon guru.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, Penjasorkes, SMP N 1 Muntilan
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 06 Mar 2018 08:27
Last Modified: 01 Oct 2019 11:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55973

Actions (login required)

View Item View Item