LAPORAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING

Novi Nur Utami, Novi Nur Utami (2017) LAPORAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
14205244010 NOVI NUR UTAMI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan suatu kegiatan latihan kependidikan yang bersifat intrakulikuler yang wajib dilaksanakan bagi seluruh mahasiswa program studi kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Program PLT bertujuan untuk memberikan pengalaman lapangan kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran dan manajerial sekolah, dan juga untuk melatih dan mengembangkan empat kompetensi guru, yaitu pedagogik, professional, sosial, dan kepribadian. Dalam mengetahui kebutuhan PLT dilakukan observasi dengan metode (1) wawancara, (2) observasi lokasi langsung, dan (3) dokumentasi. Berdasarkan observasi kegiatan yang dilakukan selama melaksanakan PLT yaitu Praktik mengajar terbimbing. Praktik mengajar mandiri dan pendampingan kegiatan siswa. Semua kegiatan dilaksanakan di SMP negeri 1 Muntilan dan mendapatkan umpan baik dari siswa maupun guru pembimbing. Program PLT ini dilaksanakan tanggal 15 September 1017 sampai 15 November 2017.berlokasi di SMP Negeri 1 Muntilan yang beralamat di Jalan Pemuda No. 161, Muntilan, Kabupaten Magelang. Kegiatan selama PLT, dikategorikan menjadi dua, yaitu (a) Kegiatan Mengajar dan (b) Kegiatan Non-Mengajar. Kegiatan mengajar meliputi: observasi, praktek mengajar, pembuatan RPP, media, dan ulangan harian, dan konsultasi dengan Guru. Untuk kegiatan non-mengajar meliputi kegiatan diluar kegiatan mengajar serta pendampingan kegiatan-kegiatan sekolah. Kegiatan-kegiatan tersebut telah mendapatkan persetujuan baik dari pihak sekolah maupun pihak mahasiswa dan berada dalam pengawasan dari pihak sekolah. Banyak manfaat yang didapatkan mahasiswa dari PLT yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Muntilan. Selain pengalaman mengajar, penulis juga mendapatkan pengalaman di luar mengajar sepertipengalaman yang dihadapkan di lingkungan sekolah serta pengalaman sosial yang kelak akan membangunkarakter mahasiswa menjadipribadi yang sopan dan mudah bergaul di masyarakat. PLT ii menjadi sarana bagi mahasiswa untuk mempraktikan teori yang telah di dapat selama di bangku perkuliahan. Segala manfaat tersebut pada akhirnya akan memenuhi tujuan awal dari program PLT yaitu memberikan pengalaman di bidang pembelajaran dan manajer sekolah atau lembaga, dan juga melatih dan mengembangkan empat kompetensi guru, yaitu pedagogik, professional, sosial dan kepribadian.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, Bahasa Jawa, SMP N 1 Muntilan
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 06 Mar 2018 07:44
Last Modified: 01 Oct 2019 11:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55967

Actions (login required)

View Item View Item