LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Azizah Pusparini, Azizah Pusparini (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
14301244012_AZIZAH PUSPARINI.pdf

Download (37MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan langkah strategis untuk melengkapi kompetensi mahasiswa calon tenaga kependidikan. PLT UNY bertujuan agar mahasiswa dapat mempraktikan ilmu akademisnya (teori-teori) di lapangan (sekolah). Melalui PLT mahasiswa diharapkan dapat membandingkan kondisi di lapangan dengan pembelajaran mikro yang dilakukan di kampus. Selain itu, mahasiswa dapat mempraktikkan metode maupun strategi pembelajaran yang telah dipelajari. Kegiatan PLT UNY tahun 2017 berlokasi di SMP Negeri 12 Magelang yang dilaksanakan pada tanggal 15 September 2017 hingga 15 November 2017. Program yang dilaksanakan dalam kegiatan PLT terdiri dari Program Kelompok, program Individu Non Mengajar, Program Individu Mengajar, dan Kegiatan Insidental. Program Kelompok meliputi Piket (Presensi Kehadiran, Guru Jaga), Literasi, Perpisahan PLT UNY 2017. Program individu nonmengajar meliputi Upacara Hari Senin, Upacara Hari Sumpah Pemuda, Upacara Hari Pahlawan, Pendampingan Ekstrakurikuler Jurnalistik, Pendampingan Kegiatan ke Borobudur, Pendampingan PBB, pembuatan laporan, penyusunan matriks, observasi. Program individu mengajar meliputi pembuatan RPP (membuat materi, menyiapkan media), membuat soal UH, koreksi, penilaian, konsultasi, evaluasi, mengajar terbimbing, mengajar mandiri, mempelajari pembuatan PROTA, Silabus. Selain itu, terdapat beberapa kegiatan insidental yaitu membuat soal bayangan PTS, pengajian sekolah, persiapan PTS, menjaga PTS, mengoreksi PTS, Jeda Semester dan Perpisahan PPL UNNES, memberi sampul dan mendata buku di perpustakaan, membuat perangkat Soal PAS Ganjil 2017. Dengan adanya kegiatan PLT ini, mahasiswa mendapat banyak pengetahuan dan pengalaman yang sebelumnya tidak didapatkan di kampus. Kegiatan PLT ini telah memberi gambaran yang nyata mengenai kegiatan pembelajaran di sekolah. Mahasiswa dapat memelajari karakteristik siswa yang berbagai macam secara langsung. Selain itu, mahasiswa juga dapat memelajari administrasi persekolahan. Kegiatan PLT dapat dijadikan sarana untuk mendewasakan pikiran cara berpikir dalam melakukan kegiatan pendidikan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, Program PLT
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 06 Mar 2018 04:41
Last Modified: 01 Oct 2019 11:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55948

Actions (login required)

View Item View Item