LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

EKA DINA KAMALINA, EKA DINA KAMALINA (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
14301241055_EKA DINA KAMALINA.pdf

Download (20MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan wadah bagi mahasiswa kependidikan untuk mempraktikkan teori-teori yang selama kurang lebih 3 tahun telah dipelajari. Mahasiswa perlu terjun langsung ke lapangan untuk mempraktikkan teori yang telah dipelajari agar dapat membandingkan kondisi sebenarnya di lapangan dengan teori yang selama ini dipelajari. Dengan terjun langsung ke lapangan, mahasiswa dengan secara langsung dapat memelajari hal-hal baru yang mungkin tidak didapat selama pembelajaran di kampus. Kegiatan PLT Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2017 yang berlokasi di SMP Negeri 12 Magelang dilaksanakan pada 15 September 2017 hingga 15 November 2017. Program kerja PLT terdiri dari Program Kelompok PLT, Program Individu Nonmengajar, Program Individu Mengajar, dan Kegiatan Insidental. Program Kelompok meliputi Piket (Guru Jaga), Pendampingan Literasi, dan Perpisahan PLT UNY 2017. Program individu nonmengajar meliputi Observasi, Menyusun Matriks Program PLT, Upacara Bendera Hari Senin, Upacara Bendera Hari Khusus, Pendampingan Ekstrakulikuler Jurnalistik, dan Penyusunan Laporan. Adapun program individu mengajar antara lain Persiapan mengajar (Konsultasi Dengan Guru Pamong, Membuat RPP, Menyiapkan/Membuat Media, Membuat LKS), Praktik Mengajar, dan Evaluasi & Tindak Lanjut (Pembuatan Kisi-kisi, Pembuatan Soal Ulangan Harian, Pengoreksian Jawaban UH, serta Pembuatan Analisis Hasil Ulangan Harian). Selain itu terdapat kegiatan insidental yaitu pembuatan soal bayangan PTS, Administrasi Sekolah (persiapan soal PTS), Pramuka, Pengajian SMP N 12 Magelang, Pengoreksian Jawaban PTS, Menjaga PTS, Jeda Semester, Perpisahan PPL UNNES, Menstampel dan Menyampul Buku di Pepustakaan, Pendampingan LDKS, dan Pembuatan Soal serta Perangkat PAS 2017. Dengan adanya PLT ini, praktikan mendapat banyak pelajaran dan pengalaman yang sebelumnya tidak dipelajari di kampus. Pengalaman di lapangan adalah pengalaman yang langsung dapat memberikan gambaran nyata mengenai kondisi pendidikan di sekolah. Praktikan juga dapat meningkatkan pengetahuan yang selama ini telah diperoleh, selain itu praktikan juga lebih memahami dan menghayati tentang pelaksanaan pendidikan di sekolah. Kegiatan PLT juga merupakan wadah bagi praktikan dalam mendewasakan cara berpikir serta meningkatkan penalaran untuk melakukan kegiatan pendidikan di sekolah. Dengan keterlaksanaan kegiatan PLT ini diharapkan dapat menciptakan tenaga pendidik yang berkualitas dan profesional.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, Program PLT
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 06 Mar 2018 04:26
Last Modified: 01 Oct 2019 11:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55947

Actions (login required)

View Item View Item