LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Risky Surahman, Risky Surahman (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. RISKY SURAHMAN - 14205241032.pdf

Download (21MB) | Preview

Abstract

Kegiatan PLT ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan yang diselenggarakan oleh pihak UNY sebagai ajang bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmu yang telah dipelajari dibangku kuliah kemudian di aplikasikan langsung di lembaga pendidikan yaitu sekolah. Kegiatan PLT ini bertujuan untuk 1) memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa terutama dalam hal pengalaman mengajar, 2) memperluas wawasan terkait dunia pendidikan; 3) melatih dan mengembangkan kompetensi mengajar yang diperlukan dalam bidangnya;dan 4) meningkatkan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan dalam memecahkan masalah pembelajaran. Kegiatan PLT dilaksanakan oleh mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) secara langsung pada lingkungan sekolah. Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 15 September 2017 sampai dengan 15 November 2017 di SMP Negeri 3 Magelang yang terletak di Jalan Kalimas Nomor 33 kedungsari Magelang Utara, Magelang, Jawa Tengah. Mahasiswa PLT berkesempatan untuk dapat mengajar mata pelajaran Bahasa Jawa di kelas VII dan VIII yaitu VII G dan VIII B, VIII D, VIII G. Kelas VII G yang terdiri dari 31 siwa, kelas VIII B 32 siswa, kelas VIII D 26 siswa, VIII G 31 siswa. SMP Negeri 3 Magelang menggunakan kurikulum 2013 untuk kelas VII dan VIII serta menggunakan Kurikulum KTSP 2006 untuk kelas IX sebagai acuan proses pembelajaran. Untuk mata pelajaran Bahasa Jawa di SMP N 3 Magelang menggunakan kurikulum 2013 untuk kelas VII dan VIII dan IX menggunakan KTSP 2006. Jumlah jam mata pelajaran Bahasa Jawa sebanyak 4 jam pelajaran per minggu. Setiap hari senin masuk di kelas VIII D 2 jam pelajaran, Hari Selasa masuk di kelas VIII B 2 jam pelajaran, Rabu masuk di kelas VIII G 2 jam pelajaran, VII G 2 jam pelajaran. Metode yang digunakan dalam proses pembelajaran yaitu tanya jawab, demonstrasi dan diskusi kelompok. Hasil yang diperoleh mahasiswa dari kegiatan PLT ini yaitu mendapatkan pengalaman secara langsung di lapangan mengenai perencanaan, penyusunan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran, evaluasi pembelajaran, dan pengelolaan kelas, kunci keberhasilan ada di masing-masing mahasiswa dalam mengendalikan kelas. Setiap mahasiswa memiliki gaya, ciri khas tersendiri dalam hal mengelola kelas, tentunya dengan menggunakan trik-trik yang jitu, Menggunakan pendekatan khusus kepada peserta didik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, Mahasiswa, Bahasa Jawa
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 06 Mar 2018 01:47
Last Modified: 01 Oct 2019 11:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55932

Actions (login required)

View Item View Item