AKTUALISASI PEMBELAJARAN METODE ILMIAH BESERTA PENILAIANNYA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMAN KABUPATEN BANTUL BERDASARKAN JENJANG KELAS YANG DIAMPU

Nasikah, Ainun (2017) AKTUALISASI PEMBELAJARAN METODE ILMIAH BESERTA PENILAIANNYA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMAN KABUPATEN BANTUL BERDASARKAN JENJANG KELAS YANG DIAMPU. S1 thesis, Fakultas MIPA.

[img]
Preview
Text (HALAMAN DEPAN)
2. Halaman Depan.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB I)
3. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB)
[img] Text (BAB II)
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (737kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktualisasi pembelajaran metode ilmiah beserta penilaiannya pada mata pelajaran biologi di SMAN Kabupaten Bantul berdasarkan jenjang kelas yang diampu dan keterkaitan antara kefavoritan sekolah dengan aktualisasi pembelajaran metode ilmiah beserta penilaiannya pada mata pelajaran biologi di SMAN Kabupaten Bantul berdasarkan jenjang kelas yang diampu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru biologi SMA N yang mengajar kelas X, XI, dan XII di Kabupaten Bantul. Pengambilan Sampel dilakukan secara sensus. Responden penelitian sebanyak 30 orang yang berasal dari 16 SMA N di Kabupaten Bantul. Variabel yang diamati adalah aktualisasi pembelajaran metode ilmiah beserta penilaiannya, jenjang kelas yang diampu, dan kefavoritan sekolah. Pengumpulan data menggunakan instrumen berupa kuesioner aktualisasi pembelajaran metode ilmiah beserta penilaiannya pada mata pelajaran Biologi SMA. Pengumpulan data pendukung dilakukan dengan cara wawancara kepada peserta didik dan guru pengampu. Teknik analisis data secara statistika deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru biologi SMA Negeri di Kabupaten Bantul telah mengaktualisasikan pembelajaran metode ilmiah beserta penilaiannya di kelas yang diampunya. Metode ilmiah dibelajarkan kepada peserta didik secara terintegrasi yaitu dengan membelajarkan keterampilan menginvestigasi yang di dalamnya tercakup keterampilan memroses dan dasar. Berdasarkan jenjang kelas yang diampu terdapat perbedaan aktualisasi metode ilmiah, semakin tinggi jenjang kelas maka penguasaan metode ilmiah peserta didik semakin bagus. Hal ini tercermin pada kemandirian peserta didik kelas XII dalam melakukan penyelidikan. Tidak ada keterkaitan kefavoritan sekolah dengan aktualisasi pembelajaran metode ilmiah beserta penilaiannya berdasarkan jenjang kelas yang diampu. Guru di sekolah favorit dan sekolah non favorit sama-sama mengaktualisasikan pembelajaran metode ilmiah beserta penialainnya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: aktualisasi, pembelajaran metode ilmiah, jenjang kelas
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin Biologi FMIPA
Date Deposited: 08 Mar 2018 01:39
Last Modified: 30 Jan 2019 16:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55931

Actions (login required)

View Item View Item