LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Astrid Teresa Viliana, Astrid Teresa Viliana (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
8. ASTRID TERESA V_14406241002_PEND.SEJARAH.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh setiap mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Dalam hal ini, praktikan melaksanakan PLT di SMA Negeri 4 Magelang yang terletak di Kota Magelang. Tujuan utama dari kegiatan PLT ini untuk memberikan pengalaman dan pembelajaran kepada mahasiswa tentang bagaimana proses pembelajaran maupun kegiatan yang ada di sekolah, dalam rangka belajar dan mengembangkan kompetensi keguruan maupun kependidikan yang dimiliki serta digunakan sebagai bekal untuk menjadi calon pendidik nantinya. Praktikan ini diharapkan mampu memiliki nilai sikap, pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan sebagai seorang pendidik. Dalam pelaksanaan PLT yang bertempat di SMA Negeri 4 Magelang, para praktikan mencoba mengajarkan materi sesuai dengan bidang keahlian. Persiapan yang dilakukan sebelum Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) yakni pengajaran mikro, pembekalan PLT, observasi pembelajaran di kelas, dan pembuatan persiapan mengajar. Kegiatan PLT dimulai tanggal 15 September 2017 sampai dengan 15 November 2015 yang terdapat beberapa kegiatan atau program Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) yakni penyusunan silabus, dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), praktik mengajar di kelas, mempelajari administrasi guru, bimbingan dengan guru pembimbing lapangan dan dosen pembimbing lapangan, serta penyusunan dan pelaksanaan evaluasi PLT. Pelaksanaan kegiatan pembelajaran di kelas dimulai tanggal 02 Oktober 2017 sampai dengan 14 November 2017. Dalam hal ini, praktikan mengajar di kelas X, sesuai kebijakan yang diberikan oleh guru pembimbing di SMA Negeri 4 Magelang. Melalui kegiatan PLT ini selama 2 bulan di SMA N 4 Magelang, banyak sekali manfaat yang dapat diambil dalam praktik mengajar mata pelajaran Sejarah Indoensia Wajib kelas X. Praktikan dapat menerapkan teori yang telah diberikan dosen di kampus pada saat micro teaching untuk diterapkan sewaktu bertugas di sekolah. Adapun hambatan-hambatan selama pelaksanaan PLT diharapkan dapat menambah pengalaman mahasiswa dan cara berpikir kritis menangani masalah yang ada. Sehingga dari hal tersebut, praktikan banyak mendapat ilmu baru sebagai bekal untuk menjadi tenaga pendidik profesional di masa dan dapat meningkatkan kualitas kompetensi diri di bidang pendidikan

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, SMA N 4 Magelang, Sejarah Indonesia
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 06 Mar 2018 01:05
Last Modified: 01 Oct 2019 11:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55927

Actions (login required)

View Item View Item