ANALISIS VARIABEL PENJELAS TERHADAP KONDISI FINANCIAL DISTRESS PADA PERUSAHAAN NON-KEUANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Khoiriyah, Riza (2018) ANALISIS VARIABEL PENJELAS TERHADAP KONDISI FINANCIAL DISTRESS PADA PERUSAHAAN NON-KEUANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
RizaMilatulKhairiyah_13808141026.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Financial distress merupakan permasalahan keuangan sebelum perusahaan mengalami kebangkrutan. Strategi antisipasi dengan mengidentifikasi kondisi financial distress penting bagi perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh beberapa rasio keuangan yaitu rasio likuiditas, rasio leverage dan rasio pertumbuhan terhadap kondisi financial distress pada perusahaan non-keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2016. Populasi yang digunakan adalah perusahaan non-keuangan selama 2013 sampai 2016. Teknik pemilihan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel penelitian berjumlah 211 perusahaan. Kategori sampel yaitu: (a) 0 untuk perusahaan tidak financial distress, dan (b) 1 untuk perusahaan financial distress. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rasio likuiditas yang diproyeksikan dengan current ratio tidak berpengaruh terhadap kondisi financial distress. Rasio leverage yang diproyeksikan dengan debt ratio berpengaruh positif dan signifikan terhadap kondisi financial distress. Rasio pertumbuhan yang diproyeksikan dengan sales growth tidak berpengaruh terhadap kondisi financial distress.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Karya Ilmiah
Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Manajemen
Depositing User: Admin Manajemen FE
Date Deposited: 06 Mar 2018 02:05
Last Modified: 30 Jan 2019 16:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55901

Actions (login required)

View Item View Item