LAPORAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Atik Rahmaniah, Atik Rahmaniah (2017) LAPORAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ATIK RAHMANIAH PEND. BAHASA PERANCIS 14204244013.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta merupakan salah satu universitas di Indonesia yang berlatar belakang pendidikan memiliki tugas sebagai pencetak tenaga kependidikan yang handal dan profesional untuk dunia pendidikan. Melalui program-program mata kuliah kependidikan yang dilaksanakan baik praktik, teori maupun lapangan diharapkan mampu memberi bekal pengetahuan dan ketrampilan kepada para mahasiswa. Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) adalah mata kuliah praktik wajib lulus. Mata kuliah ini sebagai latihan kependidikan dimana mahasiswa terjun langsung di sekolah. Sebelum kegiatan PLT dilaksanakan, mahasiswa mengikuti mata kuliah micro teaching sebagai awal pembelajaran untuk praktek PLT. SMA Negeri 2 Magelang yang beralamatkan di Jalan Urip Sumoharjo, Kecamatan Wates, Kota Magelang merupakan salah satu sekolah yang dijadikan lokasi PLT UNY pada tahun 2017. Kegiatan PLT ini berlangsung dari tanggal 15 September – 15 November 2017. Mata pelajaran yang diampu adalah Bahasa Prancis. Kelas yang diampu adalah kelas X IPA 2 – X IPS 3. Kegiatan belajar mengajar dilaksanakan dengan mengajarkan materi les objets dans la classe, presenter quelqu’un, les caraterès, les métiers, la nationalité. Semua materi disampaikan dengan pendekatan saintifik dengan metode yang sesuai dengan kondisi kelas. Program kegiatan PLT ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar berkat adanya bimbingan dan arahan dari guru pembimbing dan dosen pembimbing selama praktik mengajar. Selain itu, peran aktif peserta didik selama berlangsungnya kegiatan belajar mengajar (KBM) di dalam kelas juga memberikan kelancaran dalam program tersebut. Terlaksananya program PLT ini juga tidak terlepas dari dukungan dan bantuan pihak sekolah yang telah memberikan keluasan kesempatan kepada para mahasiswa PLT untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), praktik lapangan terbimbing (PLT), kegiatan belajar mengajar (KBM
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 05 Mar 2018 06:24
Last Modified: 01 Oct 2019 11:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55896

Actions (login required)

View Item View Item