RANI MUTMAINAH HASYIM, RANI MUTMAINAH HASYIM (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
4. LAPORAN FIX RANI.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) UNY ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Mertoyudan, Jalan Pramuka No. 49 Panca Arga 1, Mertoyudan, Magelang kurang lebih selama dua bulan tertanggal 18 September 2017 s.d 16 November 2017 merupakan salah satu mata kuliah wajib bagi yang ada di Universitas Negeri Yogyakarta. Mata kuliah ini merupakan wujud nyata mahasiswa dalam mengabdi dalam ranah pendidikan, selain itu merupakan salah satu syarat untuk memperoleh gelar sebagai sarjana pendidikan. Tujuan dari PLT adalah untuk melatih mahasiswa memperoleh pengalaman secara nyata tentang dunia pendidikan, khususnya dalam mengajar di sekolah sebagai salah satu wahana pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional seperti yang tercantum dalam Visi dari Praktik Lapangan Terbimbing Selama PLT, kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa meliputi berbagai kegiatan-kegiatan yang ada didalam situasi dan kondisi sekolah secara nyata. Mahasiswa melakukan kegiatan antara lain praktik mengajar didalam kelas baik mengajar terbimbing maupun mandiri, pendampingan mengajar, mengikuti kegiatan rutin seperti upacara bendera, apel pagi dengan kepala sekolah dan guru-guru, pembuatan administrasi sekolah, konsultasi baik dengan guru pembimbing dan dosen pembimbing lapangan mengenai materi pembelajaran, RPP, teknik penguasaan kelas, dan lain sebagainya. Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) dapat terlaksana dengan baik dan dapat memenuhi target frekuensi jam yang telah ditetapkan, Selain itu PLT sangat memberikan pengalaman luas kepada mahasiswa praktikan dalam bagaimana cara mengajar, berinteraksi dengan pihak sekolah, mengabdi untuk kepentingan pendidikan yang secara langsung dapat dirasakan oleh mahasiswa praktikan. Pelaksanaan kegiatan PLT juga tidak akan terlepas dari berbagai kendala dan hambatan. Hambatan yang ditemui oleh penyusun dalam melaksanakan PLT adalah keterbatasan kemampuan dari diri penyusun dalam mengajar, namun hambatan tersebut dapat diatasi dengan kerja keras.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PLT, SMA Negeri 1 Mertoyudan |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 05 Mar 2018 02:45 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:31 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55884 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |