LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Anisa Ainurrohmah, Anisa Ainurrohmah (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
3. LAPORAN PLT ANISA AINURROHMAH.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Kegiatan Praktik Lapangan Terbimbing atau di singkat PLT merupakan salah satu program yang dilakukan Universitas Negeri Yogyakarta dalam rangka mempersiapkan serta menghasilkan guru dan tenaga kependidikan yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampilan sehingga mampu menjadi tenaga kependidikan profesional. Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) adalah mata kuliah yang wajib di tempuh oleh setiap mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Secara umum, kegiatan PLT merupakan wahana bagi seorang calon pendidik dan tenaga kependidikan untuk memperoleh pengalaman dan memiliki bekal yang cukup dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya kelak sebagai seorang pendidik dan tenaga kependidikan yang professional dan berdedikasi tinggi apabila telah menyelesaikan program studinya. Dalam pelaksanaanya, mahasiswa melakukan praktik lapangan terbimbing di SMA N 1 Mertoyudan yang beralamat di Jalan Pramuka No 49, Panca Arga 1, Mertoyudan, Magelang yang dilaksanakan selama 2 bulan terhitung dari tanggal 15 September 2017 hingga 15 November 2017. Program PLT dilaksanakan untuk mengasah 4 kompetensi guru yang harus ada, meliputi kompetensi pedagogis, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi professional. Kegiatan pelaksanaan PLT, berupa praktik pembelajaran. Meskipun demikian, masih ada hambatan dalam pelaksanaan praktik pengalaman lapangan dikarenakan keterbatasan sarana dan prasarana yang terdapat di sekolah maupun kesiapan dari mahasiswa sendiri. Pengetahuan mengenai inovasi cara mengajar juga diterapkan dalam kegiatan PLT, meliputi pengembangan media yang tepat dan menarik, dan penggunaan metode yang kontekstual sesuai keadaan siswa dan telah menerapkan Kurikulum 2013. Dalam kesempatan ini, mahasiswa memperoleh amanah mengampu mata pelajaran geografi di 3 kelas yaitu kelas XI IPS 1, XI IPS 2 dan XI IPS 3. Materi yang disampaikan ialah bab 3 tentang Menganalisis Sebaran dan Pengelolaan Sumber Daya Kehutanan, Pertambangan, Kelautan dan Pariwisata serta Bab 4 tentang Menganalisi Potensi Geografis Indonesia. Selain itu mahasiswa juga menggantikan guru mengajar di kelas XI IPS 4 dan kelas XI IPS 5 saat guru sedang berhalangan hadir. Manfaat dari pelaksanaan praktik lapamgan terbimbing, diharapkan dapat meningkatkan kualitas pengajaran dengan pengalaman aktual yang diperoleh dari kegiatan terpadu ini. Selain itu kegiatan ini dapat melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman nyata tentang proses belajar mengajar sesungguhnya, meningkatkan ketrampilan, kemandirian, tanggungjawab, dan kemampuan dalam menyelesaikan masalah yang ada serta memberi bekal untuk mengembangkan diri sebagai calon tenaga pendidik yang profesional di bidangnya. Serangkaian kegiatan PLT UNY 2017 di SMA N 1 Mertoyudan memberikan kontribusi positif terhadap kemajuan pribadi mahasiswa maupun lembaga sekolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT UNY 2017, SMA N 1 Mertoyudan
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 05 Mar 2018 02:39
Last Modified: 01 Oct 2019 11:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55883

Actions (login required)

View Item View Item