LAPORAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING

OKTAVIA MIDYANA SARI, OKTAVIA MIDYANA SARI (2017) LAPORAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PLT OKTAVIA M. S.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan salah satu mata kuliah wajib yang harus ditempuh mahasiswa program S1 sebagai salah satu syarat dalam menyelesaikan kependidikan dengan gelar sarjana pendidikan. Visi dari Praktik Lapangan Termbimbing adalah menjadi institusi terkemuka dalam pelayanan PLT dan PKL untuk mecentak tenaga kependidikan yang professional dan berwawasan global. Selain itu program PLT juga bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran di sekolah, dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan; memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, mempelajari, dan menghayati permasalahan sekolah yang terkait dengan proses pembelajaran; dan meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai secara interdisipliner kedalam pembelajaran di sekolah. Dalam pelaksanaan kegiatan PLT yang dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 1 Borobudur mulai dari tanggal 15 September 2017 – 15 November 2017, penyusun diberikan tugas oleh guru pembimbing lapangan untuk mengampu. Sejarah Indonesia dengan alokasi waktu tiap minggu, 12 jam pelajaran. Mahasiswa mengampu 4 kelas yaitu X Teknik Komputer dan Jaringan, X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran, X Bisnis Daring dan Pemasaran serta X Tata Busana. Kegiatan yang dilakukan selama PLT antara lain: persiapan sebelum mengajar meliputi penyusunan RPP, penyusunan materi ajar, evaluasi, penyusunan dan pengembangan media pembelajaran, serta berpartisipasi dalam kegiatan sekolah . Dari kegiatan PLT ini mahasiwa mendapat banyak pengalaman dan pengetahuan dalam hal kependidikan. Secara keseluruhan, pelaksanaan PLT dapat berjalan dengan baik tanpa adanya hambatan yang berarti. Kegiatan persiapan, pelaksanaan dan evaluasi juga berjalan dengan baik. Mahasiswa telah menyusun persiapan PLT berupa administrasi guru secara lengkap. Pelaksanaan praktik mengajar telah dilaksanakan sebanyak 16 kali tatap muka dengan hasil evaluasi yang baik. Kualitas bimbingan dari guru pembimbing juga mempengaruhi mahasiswa PLT, hambatan dan masalah yang ditemui digunakan sebagai tolak ukur keberhasilan mahasiswa PLT, sehingga setelah melaksanakan PLTmahasiswa benar-benar siap menjadi tenaga pendidik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, SMK Muhammadiyah 1 Borobudur, Sejarah Indonesia
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 05 Mar 2018 01:59
Last Modified: 01 Oct 2019 11:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55878

Actions (login required)

View Item View Item