LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

LAELA KURNIA, LAELA KURNIA (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laela Kurnia_14416241002_Pendidikan IPS.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa program studi kependidikan. Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran dan manajerial di sekolah atau lembaga, untuk melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan serta modal sosial dalam lembaga sekolah. PLT mahasiswa dapat mendarmabaktikan ilmu akademisnya di lapangan. Lokasi tim PLT UNY 2017 bertempat di SMP Negeri 1 Kota Mungkid. Program PLT dilaksanakan mulai tanggal 15 September hingga 15 November tahun 2017. SMP Negeri 1 Kota Mungkid didirikan pada tahun 1983, bertempat di ibu kota Kabupaten Magelang yang terletak ± 500 meter dari Kantor Pemerintah Daerah Magelang, dengan luas tanah ± 10.000 m2 dengan lingkungan yang hijau, rindang, sejuk, dan nyaman sehingga sangat mendukung proses kegiatan belajar mengajar. SMP Negeri 1 Kota Mungkid bukan hanya mendidik siswanya untuk mampu berkembang secara akademis, namun juga dibidang ekstrakulikulernya. Kegiatan PLT yang dilakukan meliputi tahap persiapan, praktik mengajar, dan pelaksanaan. Beberapa persiapan PLT yang dilakukan antara lain kegiatan konsultasi dengan guru pembimbing dan observasi kegiatan pembelajaran. Pada tahap praktik mengajar, mahasiswa menyiapkan perangkat pembelajaran yaitu rencana pelaksanaan pembelajaran. Praktik mengajar dilaksanakan pada tanggal 15 September sampai dengan 15 November 2017. Dalam praktik mengajar, mahasiswa diberi kesempatan untuk mengajar di kelas VII A 5 kali, VII B 1 kali, VII C 1 kali, VII D 1 kali, VII E 1 kali, dan VII F 1 kali jadi total mengajar sebanyak 10 kali pertemuan. Selain praktik mengajar praktikan juga membuat perangkat pembelajaran yang terdiri dari: RPP/pertemuan, media pembelajaran, evaluasi. Dalam kegiatan praktik mengajar di sekolah, secara langsung praktikan dibimbing oleh guru pembimbing. Pada tahap pelaksanaan, mahasiswa diberi kesempatan mengajar sebanyak 8 kali dengan alokasi masing-masing 80 menit setiap pertemuan (2 x 40 menit). Hasil yang diperoleh dari kegiatan PLT yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penyusunan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Mahasiswa telah dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu serta keterampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi masing-masing.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci = individu, program, pelaksanaan, hasil.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 05 Mar 2018 00:52
Last Modified: 01 Oct 2019 11:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55869

Actions (login required)

View Item View Item