PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI PENGGUNAAN METODE BERCERITA DENGAN GAMBAR DI KELOMPOK B TK ABA MARSUDISIWI II PANDAK BANTUL

Ayu, Aprilia (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI PENGGUNAAN METODE BERCERITA DENGAN GAMBAR DI KELOMPOK B TK ABA MARSUDISIWI II PANDAK BANTUL. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
Ayu Aprilia_13111241035.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untukmeningkatkan kemampuan berbicara melalui penggunaan metode bercerita dengan gambar pada anak kelompok B TK ABA Marsudisiwi II Pandak Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilakukan secara kolaboratif dengan desain penelitian Kemmis & Taggart. Subjek penelitian ini adalah adalah 16 anak didik yaitu 9 laki-laki dan 7 anak perempuan. Objek penelitian ini yaitu kemampuan berbicara anak. Teknik pengumpulan data menggunakan checklist.Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini apabila jumlah anak yang kemampuan berbicara nya berada pada kriteria baik minimal mencapai persentase 80%. Kemampuan berbicara dapat ditingkatkan melalui metode bercerita dengan beberapa langkah-langkah yaitu: anak berada dalam kelompok kecil, anak dan guru melakukan tanya jawab terkait tema, anak diberi contoh bagaimana melakukan metode bercerita, anak melakukan berceritasecara bergiliran, anak diberi reward berupa pujian. Kata kunci: kemampuan berbicara, metode bercerita, gambar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 01 Mar 2018 03:35
Last Modified: 30 Jan 2019 16:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55862

Actions (login required)

View Item View Item