PENGARUH KEAKTIFAN SISWA SEBAGAI PENGURUS ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH (OSIS) DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENGURUS OSIS SMA TAHUN AJARAN 2016/2017 (Studi Kasus 4 SMA Negeri Berprestasi di Kabupaten Sleman)

Suraningsih, Elis (2018) PENGARUH KEAKTIFAN SISWA SEBAGAI PENGURUS ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH (OSIS) DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENGURUS OSIS SMA TAHUN AJARAN 2016/2017 (Studi Kasus 4 SMA Negeri Berprestasi di Kabupaten Sleman). S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Elis Suraningsih_14803241039.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh Keaktifan Siswa Sebagai Pengurus OSIS terhadap Prestasi Belajar; (2) Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar; Pengaruh Keaktifan Siswa Sebagai Pengurus OSIS dan Motivasi Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Pengurus OSIS SMA Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian expost facto dengan pendekatan kuantitatif. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 120 pengurus OSIS yang berasal dari 4 SMA Negeri Berprestasi di Kabupaten Sleman, selanjutnya dalam pengambilan sample menggunakan teknik Proportionate Random Sampling dengan menggunakan tabel Isaac dan Michail tingkat kesalahan 5% sehingga didapat jumlah sebanyak 89 pengurus OSIS yang dipilih secara acak. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan ialah analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda dua prediktor. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Terdapat pengaruh positif dan Signifikan Keaktifan Siswa Sebagai Pengurus OSIS terhadap Prestasi Belajar dengan koefisien rxly sebesar 0,261; koefisien determinasi r2xly sebesar 0,068; thitung sebesar 2,523 lebih besar dari ttabel 1,663; taraf signifikansi 0,013 lebih kecil dari 0,05. (2) Terdapat pengaruh positif dan Signifikan Motivasi terhadap Prestasi Belajar dengan koefisien rx2ly sebesar 0,240; koefisien determinasi r2x2ly sebesar 0,058; thitung sebesar -2,307 lebih besar dari ttabel 1,663; taraf signifikansi 0,023 lebih kecil dari 0,05. (3) Terdapat pengaruh positif dan Signifikan Keaktifan Siswa Sebagai Pengurus OSIS dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar secara bersama-sama dengan koefisien rx3ly sebesar 0,394; koefisien determinasi r2x3ly sebesar 0,155; fhitung sebesar 7,883 lebih besar dari ftabel 3,10.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar Pengurus OSIS SMA, Keaktifan Siswa Sebagai Pengurus OSIS, Motivasi Belajar.
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 01 Mar 2018 02:52
Last Modified: 30 Jan 2019 16:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55859

Actions (login required)

View Item View Item