LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Widy Ayuningsih, Widy Ayuningsih (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
14111241009_Widy Ayuningsih_PGPAUD.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib diambil dan ditempuh oleh mahasiswa dari setiap jurusan kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Tujuan dari kegiatan PLT ini adalah untuk memberikan pengalaman mengajar secara langsung kepada mahasiswa dan mengembangkan ilmu yang dimilikinya, selain itu kegiatan PLT bertujuan untuk menggali ilmu secara langsung sehingga mahasiswa dapat mengembangkan potensi yang dimilikinya. Penyelanggaraan kegiatan PLT ini dilaksanakan di sekolah atau lembaga yang sudah ditentukan untuk meningkatkan produktivitas tenaga pendidik, khususnya mahasiswa dalam segi kualitas. Kegiatan PLT UNY semester ganjil 2017 berlokasi di TK ABA Karangharjo yang beralamatkan Dusun Karangharjo, Desa Bedilan, Kecamatan Berbah, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. PLT dilaksanakan mahasiswa selama 2 bulan yang dimulai pada tanggal 15 September sampai dengan 15 November2017. Sebelum memulai PLT, mahasiswa melakukan observasi terlebih dahulu untuk lebih mengenal warga sekolah dan lingkungan sekolah. Tahap selanjutnyaadalah tahap persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar dan non mengajar, analisis hasil dan refleksi. Kegiatan mengajar dilakukan sebanyak sepuluh kali yang meliputi empat kali mengajar terbimbing, empat kali mengajar mandiri, dan dua kali mengajar mandiri yang terhitung sebagai ujian PLT. Kegiatan mengajar dilakukan di kelompok A dan B yang terdiri dari 5 kelas, yaitu kelas A1 dengan jumah siswa 28, kelas A2 dengan jumlah siswa 23, kelas A3 dengan jumlah siswa 15, kelas B1 dengan jumlah siswa 26 dan kelas B2 dengan jumlah siswa 27. Selain kegiatan mengajar, mahasiswa juga melakukan kegiatan non mengajar seperti membantu administrasi sekolah, kegiatan menonton bersama, berkunjung ke panti asuhan, dan pendampingan ekstrakurikuler. Secara umum, program-program yang telah direncanakan dapat berjalan dengan baik dan lancar. Mahasiswa telah berusaha untuk menekan semua hambatan yang terjadi selama PLT, sehingga program berhasil dilaksanakan. Munculnya hambatan selama pelaksanaan kegiatan merupakan hal yang wajar. Keberhasilan pelaksanaan kegiatan PLT di TK ABA Karangharjo tidak lepas dari bantuan semua pihak antara lain Dosen Pembimbing Lapangan, Kepala Sekolah dan Guru, peserta didik dan seluruh warga sekolah. Mahasiswa berharap, semoga laporan yang telah disusun ini dapat bermanfaat bagi semua pihak yang terkait.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, Pengajaran, Non Pengajaran
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 01 Mar 2018 00:53
Last Modified: 01 Oct 2019 11:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55844

Actions (login required)

View Item View Item