Pengembangan E-Learning Untuk Mata Pelajaran Ilmu Gizi Kelas X Di SMK Budi Mulia Dua Yogyakarta

Nanda, Widya (2018) Pengembangan E-Learning Untuk Mata Pelajaran Ilmu Gizi Kelas X Di SMK Budi Mulia Dua Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-widya-nanda-14702251040.swf

Download (21B)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk media e-learning berbasis Moodle; (2) mengetahui kelayakan produk e-learning; dan (3) mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan produk e-learning. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) yang diadaptasi dari model Alessi dan Trollip. Prosedur pengembangan meliputi tahap perencanaan, desain, dan pengembangan. Pada tahap perencanaan dan desain dilakukan ongoing evaluation hingga menjadi produk awal. Pada tahap pengembangan dilakukan validasi oleh ahli media dan ahli materi (tes alfa) kemudian dilakukan revisi produk awal. Setelah produk awal jadi dilakukan tes alpha oleh ahli materi, dan media untuk mengetahui kelayakan produk yang dikembangkan. Tahap berikutnya dilakukan tes beta yang dilakukan oleh tiga orang siswa yang mewakili kemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Setelah tes beta, dilanjutkan dengan penggunaan produk pada proses pembelajaran pada kelas X Kompetensi Keahlian Jasa Boga yang berjumlah 15 siswa. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) produk e-learning dikembangkan dengan sebuah sistem manajemen pembelajaran (LMS) online yang dibuat dengan software aplikasi Moodle versi 3.3. Produk e-learning berbasis Moodle ini dikembangkan untuk meningkatkan kemampuan dasar kompetensi ilmu gizi; (2) produk e-learning berbasis Moodle telah memenuhi kriteria dan dinyatakan layak sebagai media pembelajaran berdasarkan validasi ahli media, ahli materi, dan siswa. Kelayakannya mencapai rerata skor 3.96 dengan kategori baik; (3) hasil belajar siswa kelas X Kompetensi Keahlian jasa Boga di SMK Budi Mulia Dua Yogyakarta mengalami peningkatan setelah menggunakan e-learning. Keefektifan pembelajaran ilmu gizi pada materi karbohidrat dan protein sebagai zat pembangun dengan menggunakan produk e-learning. Dari hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa e-learning yang dikembangkan layak, dan efektif digunakan dalam pembelajaran khususnya pada materi karbohidrat dan protein sebagai zat pembangun.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan , elearning, Ilmu gizi, SMK
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 28 Feb 2018 04:09
Last Modified: 09 May 2019 08:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55830

Actions (login required)

View Item View Item