PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA MELALUI MEDIA PAPAN FLANEL PADA ANAK KELOMPOK A DI TK ABA BABAKAN

Nurhayati, Fitri (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA MELALUI MEDIA PAPAN FLANEL PADA ANAK KELOMPOK A DI TK ABA BABAKAN. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
Fitri N.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal angka melalui media papan flanel pada anak kelompk A di Taman Kanak-kanak Aisyiah Busthanul Athfal Babakan, Poncosari, Srandakan, Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian adalah anak TK Kelompok A, dan obyek yang akan diteliti adalah kemampuan mengenal angka menggunakan media papan flanel. Tindakan yang dilakukan berupa pembelajaran mengenal angka dengan menggunakan media papan flanel. Indikator yang digunakan dalam penelitian ini adalah menunjuk lambang bilangan 1-10 dan menghubungkan lambang bilangan dengan benda-benda sampai 10. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data dengan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya perubahan yang signifikan, yaitu peningkatan kemampuan mengenal angka. Hal ini dibuktikan dengan hasil pretest pada indikator pertama dengan menggunakan instrumen lembar observasi sebesar 47,67% meningkat pada siklus I menjadi 66,50% dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 84,08%. Sedangkan hasil pretest menggunakan instrumen dokumentasi yang berupa LKA sebesar 54,33%, meningkat pada siklus I menjadi 71,16% dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 87,67%. Selanjutnya hasil pretest pada indikator kedua dengan menggunakan instrumen lembar observasi, sebesar 49,00% meningkat pada siklus I menjadi 68,08% dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 83,5%. Sedangkan hasil pretest menggunakan instrumen dokumentasi yang berupa LKA sebesar 59,00%, meningkat pada siklus I menjadi 74,50% dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 88,66%. Dari hasil penelitian membuktikan bahwa media papan flanel memiliki pengaruh besar dalam pembelajaran mengenal angka, karena dengan media papan flanel kemampuan mengenal angka pada anak meningkat. Kata kunci: kemampuan mengenal angka, media papan flanel, TK ABA Babakan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 13 Sep 2012 15:37
Last Modified: 29 Jan 2019 16:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5582

Actions (login required)

View Item View Item