PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS ANDROID PADA MATERI PERANAN ILMU KIMIA DALAM KEHIDUPAN KELAS X SMA/MA

Sulistyo, Bogi Indra (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS ANDROID PADA MATERI PERANAN ILMU KIMIA DALAM KEHIDUPAN KELAS X SMA/MA. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img]
Preview
Text
BAB I SKRIPSI_BOGI INDRA SULISTYO 13303241059.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran kontekstual berbasis android pada materi peranan ilmu kimia dalam kehidupan untuk kelas X SMA/MA dan menguji kualitas media pembelajaran tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian menggunakan metode ADDIE. Produk yang dihasilkan berupa aplikasi android yang berisi konten materi, latihan soal, sistem periodik unsur dan petunjuk penggunaan. Produk divalidasi oleh dosen ahli materi dam dosen ahli media. Saran dan masukan digunakan untuk dasar merevisi produk. Kemudian dilakukan penilaian kualitas produk oleh 5 orang guru sebagai reviewer dan uji terbatas pada 15 siswa. Berdasarkan penilaian reviewer media pembelajaran termasuk dalam kategori sangat baik (SB) dengan persentase keidealan sebesar 89,93%. Hasil uji terbatas pada siswa menunjukan kualitas aplikasi termasuk dalam kategori sangat baik (SB). Adapun persentase keidealan aplikasi dinilai sebesar 91,03%. Dari kedua penilaian tersebut, aplikasi ChemIsLife temasuk dalam kategori sangat baik (SB) sehingga layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk siswa kelas X SMA/MA.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 26 Feb 2018 06:43
Last Modified: 30 Jan 2019 16:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55807

Actions (login required)

View Item View Item