PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATERI PERALATAN PELINDUNG DIRI (APD) UNTUK SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KIMIA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Sumartono, Nugroho Wahyu (2018) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATERI PERALATAN PELINDUNG DIRI (APD) UNTUK SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KIMIA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img]
Preview
Text
BAB I Skripsi_Nugroho Wahyu Sumartono.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah menghasilkan multimedia pembelajaran interaktif materi peralatan pelindung diri (APD) untuk siswa kelas X program keahlian teknik kimia di sekolah menengah kejuruan dan mengetahui kualitas multimedia pembelajaran interaktif materi peralatan pelindung diri (APD) untuk siswa kelas X SMK program keahlian teknik kimia. Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode ADDIE yang meliputi tahap analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar wawancara, lembar observasi, dan lembar kuesioner. Hasil pengembangan diperoleh multimedia pembelajaran interaktif dengan materi peralatan pelindung diri yang terdiri dari 7 bagian yakni, halaman utama, kompetensi, materi utama dengan gambar dan video, evaluasi, referensi, petunjuk penggunaan, dan informasi pengembang. Multimedia pembelajaran interaktif ini memiliki kualitas dengan kategori Sangat Baik berdasarkan penilaian 5 reviewer guru dengan nilai rerata seluruh aspek sebesar 129,8 dan respons 5 siswa SMK SMTI Yogyakarta dengan nilai rerata seluruh aspek sebesar 66,4.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 26 Feb 2018 06:10
Last Modified: 30 Jan 2019 16:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55804

Actions (login required)

View Item View Item