Pengembangan Learning Object Menggunakan Framework TPACK (Technology, Pedagogy, and Content Knowledge) pada e-Training bagi Guru Matematika SMP.

Rohmitawati, Rohmitawati (2018) Pengembangan Learning Object Menggunakan Framework TPACK (Technology, Pedagogy, and Content Knowledge) pada e-Training bagi Guru Matematika SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-rohmitawati-15707251033.swf

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk Learning Object menggunakan framework TPACK pada e-training untuk Guru Matematika SMP; (2) mengetahui kelayakan dan kebermanfaatan produk yang dikembangkan dalam meningkatkan pemahaman materi geometri bangun datar segiempat dan pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran segiempat. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model penelitian dan pengembangan ADDIE (Analyse, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Tahapan penelitian yang dilaksanakan meliputi: (a) analisis masalah dan kebutuhan, (b) desain atau perancangan, (c) pengembangan, (d) implementasi, serta (e) evaluasi yang dilaksanakan berkelanjutan di setiap tahap pengembangan. Pengujian dan penilaian produk dilakukan dalam dua tahap, yakni pengujian internal oleh ahli materi dan ahli media serta uji lapangan ke pengguna yakni guru matematika SMP. Penilaian kelayakan produk dilakukan oleh 2 ahli materi dan 2 ahli media. Uji awal/terbatas ditujukan pada 5 guru matematika SMP, uji lapangan pertama ditujukan pada 25 guru matematika SMP, dan uji lapangan kedua ditujukan pada 30 guru matematika SMP. Data didapatkan melalui angket analisis kebutuhan, angket penilaian ahli materi dan ahli media, angket respon pengguna, serta tes. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif. Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan: (1) lima produk Learning Object menggunakan framework TPACK pada materi geometri bangun datar segiempat dan pemanfaatan teknologi pada pembelajaran segiempat; (2) produk yang dihasilkan dinilai sangat layak dengan hasil skor penilaian pada ahli materi sebesar 3.33 dan pada ahli media sebesar 3,54. Serta berdasarkan uji awal/terbatas, uji lapangan pertama, dan uji lapangan kedua mendapatkan rerata skor penilaian respon sebesar 3,66, 3,33 dan 3,55, yang termasuk kategori sangat layak; (3) produk ini juga bermanfaat untuk meningkatkan pemahaman materi geometri bangun datar segiempat dan pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran segiempat bagi guru matematika SMP yang ditunjukkan dengan perolehan nilai gain sebesar 0,59 atau siginifikan terdapat peningkatan dalam kategori sedang. Serta penggunaan produk ini mendapat respon positif dari guru matematika SMP.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: learning object, TPACK (technological pedagogical content knowledge), segiempat
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 26 Feb 2018 04:19
Last Modified: 09 May 2019 08:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55799

Actions (login required)

View Item View Item