PENGEMBANGAN BUKU PETUNJUK PRAKTIKUM KIMIA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK SMK PROGRAM STUDI AGRIBISNIS PRODUKSI TANAMAN KELAS X SEMESTER 1

Dwirachma, Afifah Fakhriyah (2018) PENGEMBANGAN BUKU PETUNJUK PRAKTIKUM KIMIA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK SMK PROGRAM STUDI AGRIBISNIS PRODUKSI TANAMAN KELAS X SEMESTER 1. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (38kB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik dan kualitas dari buku petunjuk praktikum kimia berbasis inkuiri terbimbing untuk SMK program studi agribisnis produksi tanaman kelas X semester 1 . Model pengembangan yang digunakan adalah model 4D. Model ini mempunyai empat tahap yaitu Define, Design, Develop, and Disseminate), tetapi tahap yang digunakan dalam penelitian ini hanya sampai pada tahap ketiga saja (develop). Penilaian kualitas buku petunjuk praktikum kimia dilakukan menggunakan angket penilaian yang mencakup 6 aspek penilaian untuk guru yaitu aspek kelayakan isi, kebahasaan, muatan inkuiri terbimbing, tingkat keterlaksanaan kegiatan praktikum, penyajian dan kegrafikaan, serta 3 aspek penilaian untuk siswa yaitu aspek kebahasaan, penyajian, dan kegrafikaan. Penelitian pengembangan ini menghasilkan Buku Petunjuk Praktikum Kimia Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk SMK Program Studi Agribisnis Produksi Tanaman Kelas X Semester 1 yang mempunyai karakteristik yaitu (1) berupa media cetak yang full colour, (2) berbasis inkuiri terbimbing, (3) terbagi ke dalam bagian cover, bagian pendahuluan, bagian isi, dan bagian penutup. Berdasarkan hasil penilaian guru, diperoleh skor rata-rata 143,80 dan persentase keidealan 92,77% dengan kategori kualitas sangat baik (SB). Skor rata-rata dari hasil penilaian siswa adalah 67,40 dan persentase keidealan 84,25% dengan kategori kualitas sangat baik (SB). Oleh karena itu, buku petunjuk praktikum kimia ini layak digunakan sebagai penunjang kegiatan praktikum dalam pembelajaran kimia.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 26 Feb 2018 03:52
Last Modified: 30 Jan 2019 16:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55796

Actions (login required)

View Item View Item