Megananda, Patricia Sacita Hanindya Agni (2018) PENGEMBANGAN BUKU PETUNJUK PRAKTIKUM KIMIA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK SMK PROGRAM STUDI AGRIBISNIS PRODUKSI TANAMAN KELAS X SEMESTER 2. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.
|
Text
BAB I.pdf Download (115kB) | Preview |
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik buku petunjuk praktikum kimia berbasis inkuiri terbimbing untuk SMK program studi agribisnis produksi tanaman kelas X semester 2 dan mengetahui kualitas buku petunjuk praktikum kimia untuk SMK program studi agribisnis produksi tanaman kelas X semester 2 yang telah dikembangkan berdasarkan penilaian guru kimia SMK dan siswa. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalahmodel pengembangan 4-D (define, design, develop, dan disseminate) tetapi peneliti membatasi hanya sampai tahap ketiga, yaitu tahapdevelop. Instrumen penilaian yang digunakan dalam penelitian iniadalah angket penilaian untuk guru yang mencakup 6 aspek penilaianyaitu aspek kelayakan isi, aspek kebahasaan, aspek muatan inkuiri terbimbing, aspek tingkat keterlaksanaan kegiatan praktikum, aspek penyajian dan aspek kegrafikansedangkan untuk siswa mencakup 3 aspek penilaian yaitu aspek kebahasaan, aspek penyajian dan aspek kegrafikaan. Hasil penelitian pengembangan ini adalah Buku Petunjuk Praktikum Kimia untuk SMK Program Studi Agribisnis Produksi Tanaman Kelas X Semester 2 yang memiliki karakteristik (1) berupa media cetak yang dicetak full colour; (2) buku petunjuk praktikum kimia ini berbasis inkuiri terbimbing; (3) buku petunjuk praktikum ini terdiri dari bagian cover, bagian pendahuluan, bagian halaman isi dan bagian penutup. Berdasarkan hasil penilaian guru,diperoleh skor rata-rata 144,80 dan presentase keidealan 93,42% dengan kategori kualitas Sangat Baik (SB). Skor ratarata dari hasil penilaian siswa adalah 69,10 dan presentase keidealan 86,375% dengan kategori kualitas Sangat Baik (SB). Oleh karena itu, buku petunjuk petunjuk praktikum kimia ini layak digunakan sebagai penunjang kegiatan praktikum dalam pembelajarn kimia bagi siswa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Admin Kimia FMIPA |
Date Deposited: | 26 Feb 2018 03:48 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 16:01 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55795 |
Actions (login required)
View Item |