PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS KONSTRUKTIVISME UNTUK PEMBELAJARAN KIMIA PADA MATERI PH LARUTAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI SMA/MA

HIBATULLAH, NAUFAL HANIF (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS KONSTRUKTIVISME UNTUK PEMBELAJARAN KIMIA PADA MATERI PH LARUTAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI SMA/MA. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img]
Preview
Text
BAB I SKRIPSI_13303241047_NAUFAL HANIF HIBATULLAH.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik berbasis konstruktivisme pada materi pH larutan kelas XI semester 2 SMA/MA dan menentukan kualitas lembar kerja peserta didik tersebut. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengadaptasi model ADDIE. Terdapat lima tahap pengembangan, yaitu tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Produk awal lembar kerja peserta didik berbasis konstruktivisme dinilai oleh ahli media, ahli materi, dan peer reviewer untuk memperoleh masukan/saran sebagai pertimbangan untuk melakukan revisi I. Produk hasil revisi I kemudian dilakukan implementasi berupa uji terbatas oleh 15 peserta didik dari 3 sekolah berbeda dan diminta penilaian dari peserta didik juga. Kemudian produk tersebut dinilai oleh tujuh guru kimia SMA sebagai reviewer. Masukan/saran yang diperoleh dari reviewer selanjutnya digunakan sebagai pertimbangan revisi II dan diperoleh produk akhir. Hasil penelitian pengembangan ini adalah dihasilkannya lembar kerja peserta didik berbasis konstruktivisme pada materi pH larutan kelas XI SMA/MA. Kualitas lembar kerja peserta didik ditentukan berdasarkan penilaian tujuh reviewer dan 15 peserta didik. Penilaian oleh reviewer diperoleh skor rata-rata sebesar 134,86 dari skor maksimal ideal 150 dengan persentase keidealan 89,91% dan oleh peserta didik diperoleh skor rata-rata sebesar 82,93 dari skor maksimal ideal 95 dengan presentase keidealan 87,29%, sehingga lembar kerja peserta didik berbasis konstruktivisme ini termasuk dalam kategori sangat baik (SB). Dengan demikian, lembar kerja peserta didik berbasis konstruktivisme materi pH larutan layak digunakan sebagai sumber belajar peserta didik kelas XI semester 2 SMA/MA.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 26 Feb 2018 03:44
Last Modified: 30 Jan 2019 16:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55794

Actions (login required)

View Item View Item