PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI METODE SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, AND REVIEW (SQ3R) PADA SISWA TUNARUNGU KELAS V DI SLB NEGERI 2 BANTUL

Lina, Prastiwi (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI METODE SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, AND REVIEW (SQ3R) PADA SISWA TUNARUNGU KELAS V DI SLB NEGERI 2 BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Lina Prastiwi_13103244035.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran membaca pemahaman dan meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada siswa tunarungu kelas V di SLB Negeri 2 Bantul. Tindakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penggunaan metode Survey, Question, Read, Recite, and Review (SQ3R) pada pembelajaran membaca pemahaman. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan kolaborasi dengan guru kelas. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SLB Negeri 2 Bantul. Subjek penelitian berjumlah 3 siswa tunarungu yaitu NBL, ARL, dan SHL. Desain penelitian yang digunakan yaitu menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart yang meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes kemampuan membaca pemahaman dan lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatkan proses pembelajaran membaca pemahaman dan peningkatan kemampuan membaca pada kelas V di SLB Negeri 2 Bantul melalui penerapan metode SQ3R. Peningkatan proses pembelajaran ditunjukkan dengan siswa berpartisipasi aktif dalam pembelajaran membaca pemahaman menggunakan metode SQ3R. Peningkatan kemampuan membaca pemahaman ditunjukkan dengan siswa mampu menjawab pertanyaan mengenai bacaan, siswa mampu menceritakan kembali isi teks bacaan yang telah dibaca, dan siswa mampu mengidentifikasi kata yang belum dipahami artinya dan kata benda yang terdapat di dalam bacaan. Kemampuan membaca pemahaman siswa tunarungu mengalami peningkatan pada pasca tindakan siklus I dan pasca tindakan siklus II. Peningkatan nilai rata-rata pada hasil pra tindakan adalah 53.3, hasil tes pasca tindakan siklus I adalah 75 dan hasil tes pasca tindakan siklus II adalah 87.5.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 26 Feb 2018 02:24
Last Modified: 30 Jan 2019 16:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55783

Actions (login required)

View Item View Item