Pengembangan Tes Objektif Pilihan Ganda Bahasa Inggris Untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Negeri Kelas VIII Di Kota Yogyakarta.

Prabowo, Ananto Adhi (2018) Pengembangan Tes Objektif Pilihan Ganda Bahasa Inggris Untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Negeri Kelas VIII Di Kota Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ananto-adhi-prabowo-15701251011.swf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : (1) mengembangkan tes pilihan ganda bahasa Inggris untuk mengukur kemampuan berpikir kritis, (2) menggambarkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP Negeri kelas VIII di Kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan model PCM yang berasal dari pemodelan Rasch (Rasch Model). Tahapan pengembangan tes menggunakan model Djemari Mardapi, yakni : (1) menyusun spesifikasi tes, (2) menulis tes, (3) mentelaah tes, (4) melakukan ujicoba tes, (5) menganalisis butir-butir tes, (6) memperbaiki tes, (7) merakit tes, (8) melaksanakan tes (9) menafsirkan hasil tes. Lokasi Penelitian di SMP Negeri 5, 8, 11, 12, 13, dan 14 di Kota Yogyakarta. Sampel keseluruhan dalam penelitian ini adalah 710 siswa SMP Negeri di Kota Yogyakarta. Sampel Uji Coba dalam penelitian ini sebanyak 200 siswa mengikuti ketetapan pemodelan Rasch (Rasch Model), sedangkan sampel untuk pengukuran sebesar 510 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes pilihan ganda yang ditambahankan dengan alasan untuk melihat kemampuan berpikir kritis siswa. Instrumen tes divalidasi dengan cara Expert Judgement oleh 3 orang dosen yang masing-masing sebagai ahli bahasa inggris dan ahli berpikir kritis. Reliabilitas tes menggunakan teknik Cronbach Alpha lebih besar 0,5. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada tahap uji coba dan tahap pengukuran berdasarkan kriteria Infit MNSQ dan Outfit MNSQ, terbukti instrumen fit dengan model PCM. Berdasarkan batas terendah dan tertinggi untuk outfit MNSQ sebesar 0,5 sampai 1,5. Hasil menunjukkan semua butir soal sebanyak 20 butir terbukti fit dengan model. Gambaran kemampuan berpikir kritis siswa SMP Negeri kelas VIII di Kota Yogyakarta, kemampuan sangat tinggi sebesar 6%, kemampuan tinggi sebesar 24%, kemampuan sedang sebesar 35%, kemampuan rendah sebesar 11%, dan kemampuan sangat rendah sebesar 21%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan tes, Pilihan Ganda, Kemampuan Berpikir Kritis, Bahasa Inggris, SMP Negeri.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 26 Feb 2018 02:37
Last Modified: 09 May 2019 08:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55774

Actions (login required)

View Item View Item