Nurjanah, Nita Ayu (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) PADA MATERI REPRODUKSI MANUSIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 JATINOM. S1 thesis, Fakultas MIPA.
|
Text (HALAMAN DEPAN)
COVER Nita Ayu N.pdf Download (1MB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (105kB) |
|
![]() |
Text (BAB II)
BAB II OKE.pdf Restricted to Registered users only Download (692kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
BAB III OKE.pdf Restricted to Registered users only Download (244kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (90kB) |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA FIX.pdf Download (86kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada materi reproduksi manusia terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA Negeri 1 Jatinom. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pretest posttest control group design. Sampel penelitian adalah sebanyak 55 siswa kelas XI IPA 1, XI IPA 2 SMA Negeri 1 Jatinom Klaten sebagai kelas eksperimen dan sebanyak 57 siswa XI IPA 3, XI IPA 4 SMA Negeri 1 Jatinom Klaten sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji Independent T Test. Hasil penelitian diketahui bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada materi reproduksi manusia terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Jatinom. Hal ini ditunjukkan dari nilai thitung lebih besar dari pada ttabel (10,764>1,981) dan nilai signifikansi sebesar 0,00<0,05. Hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Jatinom dengan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbeda dengan model pembelajaran Direct Intruction (DI) pada materi reproduksi manusia. Hal ini ditunjukkan dari hasil analisis data pada kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata lebih besar dari pada nilai rata-rata pada kelas kontrol (85,81>72,00). Artinya, hasil belajar pada kelas yang diberikan perlakuan dengan model pembelajaran Project Based Learning (PBL) memiliki nilai rata-rata yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas yang diberikan perlakuan dengan model pembelajaran Direct Intruction (DI).
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL), Reproduksi Manusia, Hasil Belajar |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Admin Biologi FMIPA |
Date Deposited: | 06 Mar 2018 01:25 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 16:00 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55770 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |