PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF MELALUI PENGGUNAAN MEDIA BUKU ALFABET KELOMPOK A1 DI TK FATIMAH AZ ZAHRAH KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA

Nurjanah, Esti (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF MELALUI PENGGUNAAN MEDIA BUKU ALFABET KELOMPOK A1 DI TK FATIMAH AZ ZAHRAH KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
Esti Nurjanah.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal huruf melalui penggunaan media buku alfabet anak kelompok A1 di TK Fatimah Az Zahrah Kalasan Sleman Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Lokasi penelitian dilaksanakan di TK Fatimah Az Zahrah di Jetis Tirtomartani Kalasan Sleman Yogyakarta. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelompok A1 di TK Fatimah Az Zahrah yang berjumlah 15 anak, dengan rincian 9 anak perempuan dan 6 anak laki-laki. Objek penelitian ini adalah kemampuan mengenal huruf. Rancangan penelitian menggunakan rancangan penelitian tindakan yang dikembangkan oleh Stephen Kemmis dan Robin Mc Taggart. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi. Teknik analisa data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Indikator keberhasilan ditetapkan apabila sebanyak 80% dari jumlah anak telah mampu mengenal huruf dengan baik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar anak: 1) menunjukkan lambang huruf di lingkungan sekitar anak 40% siswa pada pratindakan menjadi 64% pada siklus I dan meningkat menjadi 86% pada siklus II, 2) menghubungkan gambar/benda dengan lambang huruf 7% siswa pada pratindakan menjadi 71% pada siklus I, dan meningkat menjadi 100% pada siklus II, 3) membaca gambar yang memiliki kata/kalimat sederhana 13% siswa pada pratindakan menjadi 50% pada sikus I, dan meningkat menjadi 93% pada siklus II. Dengan adanya peningkatan hasil yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa pengenalan huruf melalui penggunaan media buku alfabet di TK Fatimah Az Zahrah Kalasan Sleman Yogyakarta dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal huruf. Kata kunci: mengenal huruf, media buku alfabet, TK Fatimah Az Zahrah Kalasan Sleman Yogyakarta

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 13 Sep 2012 15:37
Last Modified: 29 Jan 2019 16:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5577

Actions (login required)

View Item View Item