KETERAMPILAN TEKNIK DASAR BOLA VOLI MELALUI RUBRIK PENILAIAN DI SMP N 2 WERU SUKOHARJO

Tejo, Sri Bimo Ario (2018) KETERAMPILAN TEKNIK DASAR BOLA VOLI MELALUI RUBRIK PENILAIAN DI SMP N 2 WERU SUKOHARJO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
skripsi full bimo.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan teknik dasar dalam permainan bola voli di SMP N 2 Weru, Kabupaten Sukoharjo. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Metode yang digunakan adalah survei. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 2 Weru, Sukoharjo yang berjumlah 35 siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi/rubrik penilaian yang terdiri atas teknik servis atas, passing atas, passing bawah, dan smash. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yang disajikan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan teknik dasar bolavoli siswa SMP Negeri 2 Weru, Sukoharjo berada pada kategori “sangat kurang” sebesar 0% (0 siswa), “kurang” sebesar 11,43% (4 siswa), “sedang” sebesar 51,43% (18 siswa), “baik” sebesar 37,14% (13 siswa), dan “sangat baik” sebesar 0% (0 siswa). Berdasarkan nilai rata-rata, yaitu 43,49, kemampuan teknik dasar bolavoli siswa SMP Negeri 2 Weru, Sukoharjo dalam kategori “sedang”, layak sebagai instrumen penilain untuk teknik dasar bola voli.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: penilaian, keterampilan, teknik dasar, bola voli
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 23 Feb 2018 08:15
Last Modified: 30 Jan 2019 16:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55767

Actions (login required)

View Item View Item