Pengembangan E-Modul Interaktif untuk Discovery Learning pada Pembelajaran Mekanika Teknik dan Elemen Mesin di SMK Negeri 1 Sedayu.

Lumbantobing, Marko Ayaki (2018) Pengembangan E-Modul Interaktif untuk Discovery Learning pada Pembelajaran Mekanika Teknik dan Elemen Mesin di SMK Negeri 1 Sedayu. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-marko-lumbantobing-15722251006.swf

Download (9MB)

Abstract

Tujuan penelitian secara umum adalah mengembangkan e-modul untuk discovery learning pada materi tegangan dan poros, dan tujuan khususnya antara lain: (1) mengetahui kelayakan e-modul untuk discovery learning pada materi tegangan dan poros, (2) mengetahui respon pengguna terhadap produk e-modul untuk discovery learning pada materi tegangan dan poros. Penelitian pengembangan ini mengikuti tahap-tahap pengembangan model ADDIE yang terdiri dari analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Subjek uji coba terdiri dari 30 siswa kelas X kompetensi keahlian Teknik Pemesinan SMK Negeri 1 Sedayu. Pengumpulan data dilaksanakan menggunakan wawancara, lembar analisis kebutuhan (need assessment), lembar angket penilaian produk e- modul, dan lembar angket respon siswa dan guru. Skala Likert dengan empat variasi jawaban merupakan skala yang digunakan dalam penelitian ini. Data penelitian dianalisis dengan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan produk e-modul untuk discovery learning pada materi tegangan dan poros telah memenuhi kriteria kelayakan dari segi materi, media maupun dari respon pengguna dengan kategori “sangat baik” sehingga layak untuk digunakan. Data penelitian menunjukkan bahwa: (1) dari ahli materi diperoleh penilaian e-modul dengan kategori “sangat baik” dari aspek Self instructional, aspek Self contained, aspek Stand alone, aspek Adaptive dan aspek User friendly dengan persentase kelayakan sebesar 95% dan dari ahli media juga diperoleh penilaian dengan kategori “sangat baik “dengan persentase kelayakan sebesar 82,86% dari aspek verbal, aspek visual, aspek pemrograman dan aspek komponen modul; (2) respon pengguna terhadap e-modul dalam hal ini guru dan siswa diperoleh kategori “sangat baik” dengan persentase kelayakan masing- masing adalah 84,38% dan 81,67%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: E-Modul, Discovery Learning, Media Belajar.
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 23 Feb 2018 03:23
Last Modified: 09 May 2019 08:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55763

Actions (login required)

View Item View Item