Penerapan Sistem CBT (Computer-Based Test) pada Pengembangan Tes Bakat menggunakan Algoritma C4.5 sebagai Alat Bantu Deteksi Potensi dalam Proses Peminatan Di SMA.

Ristanto, Riska Dami (2018) Penerapan Sistem CBT (Computer-Based Test) pada Pengembangan Tes Bakat menggunakan Algoritma C4.5 sebagai Alat Bantu Deteksi Potensi dalam Proses Peminatan Di SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-riska-dami-ristanto-15720251002.swf

Download (13MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengembangkan software tes bakat menggunakan sistem CBT (Computer-Based Test) dengan algoritma C4.5 sebagai sistem evaluasi untuk proses peminatan di SMA; (2) menganalisis tingkat kualitas software yang dikembangkan berdasarkan standar ISO/IEC 25010; dan (3) mengetahui tingkat kesesuaian antara peminatan yang diinginkan peserta didik dengan hasil potensi dari software tes bakat. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan dua pendekatan (pendekatan model waterfall dan model pendekatan penelitian dalam bidang pendidikan Dick and Carey) yang tersusun dalam lima tahap yaitu analisis, perencanaan, pemodelan, konstruksi dan pengujian. Pengujian produk melibatkan 5 ahli dalam bidang psikologi pendidikan dan aplikasi berbasis komputer. Subjek uji coba dilakukan pada 60 siswa SMA pada saat proses penerimaan peserta didik baru. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) keberhasilan software tes bakat berbasis komputer yang dikembangkan dengan beberapa spesifikasi yaitu: (a) model sistem CBT (Computer-Based Test) yang diterapkan menggunakan open mode; (b) instrumen tes bakat yang digunakan berdasarkan Jim Barrett Aptitude Test; (c) pohon keputusan algoritma C4.5 dibangun menggunakan struktur binary tree dengan kriteria nilai tes bakat tertinggi sebagai nilai split. (2) Hasil pengujian menunjukkan software tes bakat telah memenuhi standar ISO/IEC 25010 pada aspek: (a) functional suitability, yang berjalan 100% dan memiliki nilai X=1; (b) performance efficiency, yang dapat memuat halaman web dalam waktu 3,3 detik, performa PageSpeed sebesar 98% (grade A) dan YSlow sebesar 83% (grade B); (c) usability, dengan nilai persentase SMA Negeri 1 Pecangaan sebesar 83,02%, SMA Negeri 1 Welahan sebesar 80,38% dan SMA Negeri 1 Jepara sebesar 83,97%; (d) reliability, dengan hasil code coverage sebesar 67,86% sehingga TIOBE Score sebesar 83,40%; (e) security, dengan tingkat kerentanan terhadap serangan berada pada level 1 (low); (f) maintainability, yang memiliki hasil code duplication sebesar 0,21% sehingga TIOBE Score sebesar 80,33%; (g) portability, yang berhasil dijalankan tanpa adanya error dari berbagai web browser desktop maupun mobile yang berbeda. (3) Hasil uji coba yang dilakukan pada tiga SMA di kabupaten Jepara memperoleh skor rata-rata tingkat kesesuaian sebesar 73,3% dengan kriteria sesuai.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Tes Bakat, Sistem CBT (Computer-Based Test), Algoritma C4.5, Software Product Quality ISO/IEC 25010
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Teknik Elektronika dan Informatika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 23 Feb 2018 03:09
Last Modified: 09 May 2019 08:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55762

Actions (login required)

View Item View Item