Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Pada Program Keahlian Teknik Komputer Jaringan di Sekolah Menengah Kejuruan.

Purwantara, Ngakan Agung Bagus (2018) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Pada Program Keahlian Teknik Komputer Jaringan di Sekolah Menengah Kejuruan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ngakan-agung-bagas-purwanta- 15720251011.swf

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media pembelajaran berbasis web yang tepat untuk mendukung proses pembelajaran pada program keahlian teknik komputer jaringan; (2) mengetahui kelayakan dan kefektifan media pembelajaran berbasis web yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau research and development (R&D) yang dilaksanakan melalui beberapa tahap. Tahap awal yang dilakukan adalah tahap perencanaan yaitu menentukan bidang/ruang lingkup, mengidentifikasi karakteristik siswa, membuat dokumen perencanaan, menentukan dan mengumpulkan data. Selanjutnya desain dengan menentukan scenario dan konsep pembelajaran, analisis konsep dan tugas, membuat storyboard dan flowchart, mengumpulkan sumber-sumber, menentukan software, evaluasi dan revisi, menyiapkan domain dan hosting, menyiapkan teks, gambar, audio dan video, menyiapkan materi-materi pendukung, dan menggabungkan bagian-bagian materi. Pada tahap pengembangan dilakukan uji alpha oleh ahli media dan ahli materi, kemudian dilakukan revisi pertama, uji beta terhadap 3 orang siswa sebagai calon pengguna, revisi akhir, produk akhir, dan evaluasi sumatif melibatkan siswa sebagai pengguna. Peserta evaluasi sumatif sebanyak 22 orang siswa yang berasal dari kelas XI pada program keahlian teknik komputer jaringan untuk menguji keefektifan media pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan sebagai berikut. (1) Keberhasilan produk yang dikembangkan berupa media pembelajaran berbasis web pada program keahlian teknik komputer jaringan di sekolah menengah kejuruan. (2) Media pembelajaran yang dikembangkan telah dinyatakan layak sebagai media pembelajaran menurut penilaian ahli media, ahli materi dan uji beta dengan nilai rata-rata 4.16, 4.72 dan 4.54 (Sangat Baik). (3) Keefektifan media pembelajaran pada program keahlian teknik komputer jaringan berbasis web dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar siswa berdasarkan hasil evaluasi pretest dan posttest dengan selisih nilai gain 34,9.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: SMK, media pembelajaran web, teknik komputer jaringan.
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Teknik Elektronika dan Informatika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 23 Feb 2018 02:53
Last Modified: 09 May 2019 08:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55761

Actions (login required)

View Item View Item