Felinda, Inna (2018) Pembelajaran Sejarah yang Efektif di SMA Negeri 1 Mlati Sleman. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-felinda-14718251001.swf Download (22MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) penerapan metode pembelajaran, (2) penerapan model pembelajaran, (3) penerapan evaluasi pembelajaran, (4) faktor yang mendukung pembelajaran sejarah yang efektif, (5) faktor yang menghambat pembelajaran sejarah yang efektif, (6) tingkat penyerapan siswa dalam pembelajaran sejarah, dan (7) peran guru dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 MlatiSleman. Penelitian merupakan penelitian kualitatif. Informan kunci dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Bidang Studi Sejarah, dan Siswa Jurusan IPS dan IPA Kelas XI. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model analisis data Miles dan Huberman yaitu jaringan kausal. Untuk dapat menggambarkan makna hubungan-hubungan antar faktor dalam penelitian ini, menggunakan metode fishbone diagram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Mlati Sleman, meliputi kegiatan memilih, menetapkan, mengembangkan metode untuk mencapai hasil pengajaran yang diinginkan. Pemilihan, penetapan, dan pengembangan metode ini didasarkan pada kondisi pengajaran yang ada khususnya pada pembelajaran sejarah. (2) Salah satu model pembelajaran sejarah yang digunakan adalah gambar maupun video yang dilakukan agar gambar dapat diurutkan menjadi urutan logis. (3) Evaluasi pembelajaran sudah dipersiapkan pada awal atau waktu pembuatan program semester kecuali untuk evaluasi atau ujian akhir sekolah direncanakan atau diambil waktu persiapan evaluasi harian dan setiap sub pokok bahasan. Untuk evaluasi ada testulis, tes lisan (Tanya jawab). (4) Faktor yang mendukung pembelajaran, yaitu strategi pembelajaran yang disampaikan dapat diterima dengan baik oleh siswa dan menumbuhkan minat belajar siswa, karena minat sangat mempengaruhi dalam proses dan hasil belajar. (5) Faktor yang menghambat pembelajaran sejarah di antaranya kemampuan siswa yang berbeda-beda sehingga dibutuhkan pendekatan pembelajaran secara individu kepada setiap siswa. Hambatan lain berupa sumber dan alat-alat pembelajaran seperti laboratorium sejarah yang belum dimiliki (6) Tingkat penyerapan siswa dalam pembelajaran sejarah, sangat berkaitan dengan pemahaman siswa. Dalam proses pembelajaran, setiap individu siswa memiliki kemampuan yang berbeda-beda dalam memahamiapa yang diapelajari. (7) Peran guru dalam pembelajaran sejarah, meliputi memberikan motivasi-motivasi kepada siswa untuk lebih semangat dalam belajar.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran sejarah yang efeketif, SMA N 1 Mlati |
Subjects: | Ilmu Sosial > Sejarah |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 23 Feb 2018 02:31 |
Last Modified: | 09 May 2019 08:42 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55760 |
Actions (login required)
View Item |