Pengembangan Media Komik Berbasis Potensi Lokal Pemanfaatan Umbi Gadung (Dioscorea hispida Dennst.) untuk Meningkatkan Berpikir Kritis dan Sikap Peduli Lingkungan pada Topik Bahasan Objek IPA dan Pengamatannya Kelas VII SMP Tahun Ajaran 2017/2018.

Indriastuti, Anisyah (2018) Pengembangan Media Komik Berbasis Potensi Lokal Pemanfaatan Umbi Gadung (Dioscorea hispida Dennst.) untuk Meningkatkan Berpikir Kritis dan Sikap Peduli Lingkungan pada Topik Bahasan Objek IPA dan Pengamatannya Kelas VII SMP Tahun Ajaran 2017/2018. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-anisyah-indriastuti-15708259018.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media komik IPA yang layak untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan sikap peduli lingkungan, dan (2) mengetahui keefektifan media komik yang dikembangkan tersebut untuk meningkatkan berpikir kritis dan sikap peduli lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan mengadaptasi model pengembangan Borg & Gall yang terdiri dari 10 tahap yaitu : (1) research and information collecting (need assesment, (2) planning, (3) develop preliminary from of product,(4) preliminary field testing, (5) main product revision, (6) main fied testing, (7) operasional product revision, (8) operational field testing, (9) final product revision dan (10) disemmination and implementation. Produk komik divalidasi oleh ahli media dan ahli materi di awal, kemudian divalidasi oleh guru IPA dan teman sejawat. Subjek coba pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Sanden. Uji lapangan menggunakan model uji non- equivalent control group design. Pengumpulan data dilakukan menggunakan lembar validasi produk, lembar observasi sikap peduli lingkungan, dan butir tes berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penelitian ini menghasilkan media komik berbasis potensi lokal pengolahan umbi gadung (Dioscorea hispida Dennts.) yang layak digunakan dalam pembelajaran dengan kualitas minimal baik menurut ahli media, ahli materi, 2 guru IPA, 2 teman sejawat, sedangkan menurut subjek coba media ini berkualitas sangat baik, dan (2) berdasarkan uji multivariat MANOVA menghasilkan sig. 0,003 (nilai lebih kecil daripada 0,05), sehingga dinyatakan terdapat perbedaan antar kelas pada kedua varibel dependen dalam penelitian. Uji dilanjutkan dengan uji test between-subject effects. Uji menyatakan tingkat signifikansi variabel keterampilan berpikir kritis sebesar 0,023 dan sikap peduli lingkungan mencapai tingkat signifikansi 0,008. Hal ini menyatakan bahwa terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis dan sikap peduli lingkungan pada kelas yang menggunakan komik dengan yang tidak, sehingga media juga efektif untuk meningkatkan berpikir kritis dan sikap peduli lingkungan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: media komik, pemanfaatan Umbi Gadung, berpikir kritis dan sikap peduli lingkungan.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 23 Feb 2018 02:17
Last Modified: 09 May 2019 08:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55759

Actions (login required)

View Item View Item